Sabtu, 4 April 2020

Pemkab Boltim Optimis Pertahankan Opini WTP

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini sementara melakukan pemeriksaan terhadap APBD tahun 2014 di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang telah berlangsung sejak kemarin.

Pemeriksaan kali ini, merupakan pemeriksaan pendahuluan yang terfokus pada pemeriksaan Belanja Modal, perjalanan dinas baik di luar maupun dalam daerah, seluruh dokumen – dokumen kantor, dan Surat Keputusan (SK) yang berkaitan dengan keuangan Daerah.

“Sudah dua hari ini mereka (BPK,red) melakukan pemeriksaan. Dan ini merupakan pemeriksaan pendahuluan. Pemeriksaan mencakup Belanja modal, perjalanan dinas, dan dokumen – dokumen kantor termasuk SK yang berkaitan dengan keuangan daerah,” terang Assisten III Pemkab Boltim Djainudin Mokoginta kepada sejumlah wartawan pada jumat (06/02) siang tadi.

Dirinya menuturkan, setelah selesai dilakukan pemeriksaan pendahuluan tersebut, dalam jangka waktu selama 40 hari, BPK akan kembali melakukan pemeriksaan yang terperinci. Dimana pemeriksaan tersebut akan menetapkan opini.

“Untuk sementara, belum ada temuan – temuan yang berarti. Karena sesuai tahapan, masih dalam tahap pendahuluan. Nantinya akan ada lagi pemeriksaan dari BPK secara terperinci,” ujar Mokoginta, sembari menjelaskan terkait dengan Proyek putus kontrak tak akan mempengaruhi proses pemeriksaan.

Asalkan menurutnya hal tersebut sesuai dengan undang – undang yang berlaku dan peraturan pemerintah.

Diapun berharap, pemeriksaan kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, sesuai dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang berhasil diraih Kabupaten Boltim belum lama ini, maka hal itu menurutnya harus tetap dipertahankan.(cw-6)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*