Minggu, 29 Maret 2020

PMI dan TP-PKK Manado Bersihkan Pekuburan di Kecamatan Singkil

manado

Ketua TP-PKK Manado pimpin bersih-bersih pekuburan.

MANADO, (manadoterkini.com) – Kaleng maupun botol yang menjadi tempat bunga hidup di pekuburan salah satu tempat berkembang biaknya nyamuk pembawa virus DBD. Untuk itu, TP-PKK Manado bersama PMI serta Dinas Kesehatan dibantu aparat Kecamatan Singkil melakukan bersih-bersih sejumlah pekuburan.

Gerakan 3M Plus di areal pemakaman umum di Kecamatan Singkil tersebut dipimpin langsung Ketua PMI Manado sekaligus Ketua TP-PKK Kota Manado, Prof Dr Pulau Lumentut – Runtuwene MS DEA.

“Kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah setelah dicanangkannya hari anti DBD di Kota Manado,”ujar Prof Runtuwene.

manado

Ketua TP-PKK bersama Camat Singkil di lokasi perkuburan

Kegiatan tindakan memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk dengan membunuh jentik nyamuk Demam Berdarah di tempat air yang sulit dikuras atau sulit air dengan menaburkan bubuk Temephos ( abate ), melakukan fogging di tempat ada kasus dengan radius 100 meter dan melakukan penyuluhan.

“Untuk menindaklanjuti gerakan pemberantasan sarang nyamuk ini, diareal pekuburan akan diletakkan papan himbauan untuk menghimbau masyarakat agar masyarakat bisa membuat wadah/tutup kubur yang berbentuk lancip atau agak miring, tidak berbentuk mendatar. Hal ini untuk mencegah terdapat genangan air hujan di bangunan kuburan supaya tidak menjadi sarang nyamuk dan tempat berkembang biak nyamuk,” tutur enci Paula, sapaan akrab Ketua PMI kota Manado, isteri tercinta Walikota Manado ini.

Ditambahkannya, penyuluhan atau edukasi tentang DBD ini akan terus dilakukan PMI Manado, TP-PKK Manado, berkerja sama dengan Dinas Kesehatan serta Pemerintah Kecamatan. “Kami telah turun di Kecamatan Tikala, Wanea, Singkil, serta Malalayang. Dan pastinya akan turun di semua Kecamatan,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*