Sabtu, 4 April 2020

BPN Tomohon Pacu Prona 2015, Warga Diminta Segera Mendaftar

TOMOHON, (manadoterkini.com)-BPN Kota Tomohon bekerja sama dengan 44 Kelurahan yang ada di Kota Tomohon sementara memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penyelesaian sertifikat tanah gratis.

Kepala seksi hak atas tanah dan pendaftaran tanah BPN Kota Tomohon Lexi Karamoy SH saat ditemui diruang kerja mengungkapkan, Sertifikat tanah sebagai upaya pencegahan dini dalam kepengurusan akta tanah dalam hak kepemilikan. “Jadi kami kepada warga untuk mendaftarkan hak atas tanah untuk dibuat sertifikat,” ujar Karamoy.

Karamoy juga berharap agar warga yang belum mendaftar agar segera mengurus mendata lewat pemerintah di masing-masing Kelurahan setempat yang berada di Kota Tomohon sebelum akhir Februari 2015. Persyaratan untuk memperoleh sertifikat tanah harus dilengkapi prona di kantor pertanahan dan itu tidak dipungut biaya alias gratis kecuali kewajiban biaya perolehan hak tanah dan bangunan (BPHTB).

Jika masyarakat belum pahami dan mengerti segera melakukan konsultasi karena sebelum akhir februari 2015 BPN telah melakukan sosialisasi dan ini dipacu penyelesaian satu kali jalan secara transparan, akuntabel dan jauh dari tindakan merugikan masyarakat. “Jadi kami minta warga segera menyelesaikan dan mengurus berkas kepengurusan sertifikat tanah secepatnya,” pungkasnya.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*