Senin, 30 Maret 2020

Pencaiaran ADD Boltim Tahap I Terganjal SPJ

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap satu tahun 2015 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari ini, rupanya tak akan terealisasi. Sebab masih banyak Desa yang belum memasukan Surat Pertanggung Jawaban penggunaan ADD tahun 2014 lalu.

“Seharusnya pada bulan Februari ini pencairan ADD tahap satu tahun 2015 sudah dapat direalisasikan. Tapi, dari laporan Inspektorat, masih ada beberapa sangadi dan tim pengelola ADD yang enggan diperiksa mengenai pengelolahan ADD tahun 2014,” ujar Bupati Sehan Landjar kepada sejumlah wartawan.

Landjar menjelaskan, tahun 2015 ini pemerintah pusat akan menyalurkan anggaran untuk dikelola oleh pemerintah Desa yang besarannya hampir mencapai Rp 1 milliar. Sehingga dirinya berharap para Sangadi dan tim pengelola ADD dapat merealisasikan anggaran tersebut dengan tepat dan sesuai perencanaan.

“Sehingga nanti dalam pembuatan pertanggung jawaban, akan sesuai dengan realisasi dilapangan. Karena ini ada laporan beberapa temuan di desa oleh inspektorat daerah tidak masuk dalam perencanaan. Jadi, sekali lagi saya minta dalam pengelolahan keuangan sesuai dengan perencanaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Boltim Meike Mamahit mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan monitoring terkait dengan SPJ tahun 2014 yang belum dimasukkan.

“Tim kami juga akan melakukan monitoring ke desa-desa terkait ADD tahun 2015 ini. Sebab ada desa yang belum memasukkan SPJ tahap I, namun juga ADD tahap II ada yang tidak tuntas,” ungkapnya.

Menurut penuturannya, sebelumnya Inspektorat tidak memeriksa pengelolaan ADD tahap II sehingga sejumlah Desa menganggap enteng pelaksanaan anggaran 40 persen tersebut. Namun setelah dibawah kepemimpinannya ADD tahap II tak lepas dari pemeriksaan.

“Dulu ada yang lolos, tapi saat ini SPJ tahap I dan tahap II tak ada yang lolos dari pemeriksaan,” tegasnya sembari menambahkan bahwa ada sejumlah Sangadi yang berusaha menghindari pemeriksaan dengan berbagai alasan.(cw-6/dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*