Sabtu, 4 April 2020

Revitalisasi DAS Tondano Capai Rp 700 Miliar

Bantuan JICA Disejumlah Daerah Ditampung di Manado

manado

Revitalisasi DAS Tondano

MANADO, (manadoterkini.com) – Revitalisasi DAS Tondano, menjadi salah satu impian Walikota GS Vicky Lumentut, sejak masih menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado. Tak ayal, impian tersebut mulai terwujud ketika Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyetujui revitaliasi DAS Tondano dengan bantuan JICA yang semula dianggarkan Rp 156 Miliar, belakanga telah menjadi Rp 700 Miliar.

Kepala Bappeda Peter Assa ST MSc Ph.D, ketika dikonfirmasi membenarkan akan bantuan tersebut. Menurutnya, proyek fisik bantuan JICA untuk revitalisasi DAS Tondano telah mencapai Rp 700 Miliar.

“Untuk Manado proyek fisiknya telah mencapai total Rp700 miliaryang awalnya hanya Rp156 miliar. Itu karena daerah lain yang gagal terkait dengan bantuan proyek JICA, dananya itu masuk ke Manado,” ungkap Assa.

Untuk itu, Assa pun membantah isu yang beredar bahwa bantuan JICA untuk revitalisasi DAS Tondano akan ditarik, karena terbentur pembebasan lahan. “Justru bantuan yang bermasalah yang berasal dari JICA ditarik dan ditampung di Manado,”ujarnya.

Bahkan Assa menegaskan untuk dana pembebasan lahan telah ditata dalam APBD 2015 sekitar Rp 7 Miliar, serta dukungan dana dari APBN-P melalui balai sungai diusulkan Rp 10 Miliar.

“Pemkot mampu tahap satu 2 kilometer di APBD 2015 dengan anggaran Rp7 miliar atau untuk 4-5 hektar. Proyek tersebut dimulai dari jembaan Megawati ke arah hulu,” terang mantan Kadis Periwisata Manado ini.

Untuk pembebasan lahan lanjutnya, maksimal 15 meter baik kiri dan kanan DAS, tapi nantinya akan lihat kondisi dilapangan, hingga besar kemungkinan pembebasan lahan kiri dan kanan tidak merata.

Disatu sisi dijelaskan Assa, untuk Manado awalnya memang ada persoalan perbedaan mekanisme, persepsi disistim pelelangan dan kedua, komitmen pembebasan lahan. Tapi persoalan itu sudah dirapatkan pada Januari 2015 lalu. “Saat itu, di KemenPU dan JICA lanjut di Manado. Sudah ada komitmen soal lahan, anggaran ditata 2015, bergulir di PU dan BPN. Proses pelelangan tanggul banjir sedang berlangsung dan saya pastikan soal pencabutan papan pengumumn proyek bantuan JICA di DAS Tondano tidak benar. Karena saat ini juga, konsultan minta progress, artinya lelang mulai tinggal tunggu keyakinan progres laporan. JICA sendiri telah perpanjang kerjasama sampai 2016 untuk Manado,” kunci Assa.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*