Sabtu, 4 April 2020

Perubahan Jalur Dinilai Merugikan, Sopir Amurang-Tumpaan Lakukan Aksi Mogok

amurang

Dialog sopir Amurang – Tumpaan dengan instansi teknis

AMURANG, (manadoterkini.com) – Ujicoba perubahan jalur yang dilakukan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang dimulai, Senin (9/2) lalu, ternyata berbuntut. Pasalnya, sopir angkot trayek Amurang – Tumpaan yang merasa dirugikan oleh perubahan jalur tersebut, melakukan aksi mogok pada Rabu (11/2) pagi tadi. Para sopir menilai perubahan jalur sangat merugikan karena jalur trayek yang mereka layani sangat jauh.

Beruntung Kepala Dishubkominfo Izak Rey SE MSi langsung menyikapi hal ini dengan mengundang dialog para sopir dan membuahkan kesepakatan.

Dimana berdasarkan kesepakatan, sopir trayek Amurang-Tumpaan dapat melayani penumpang pada jalur baru guna menghindari kemacetan, yakni dengan rute dari arah Tumpaan menuju Amurang diharuskan naik ke terminal, belok kanan di pertigaan Rumah makan Ragey Kelurahan Buyungon, dan di Kantor Koramil Kelurahan Ranoiapo, belok kanan lewat Sekolah Katolik Aquino ke Pasar 54 Amurang dan langsung kembali ke terminal Tumpaan.

“Kami telah mendapatkan jalan keluar sehingga kekecewaan para sopir berhasil disikapi,” ujar Rey usai melakukan pertemuan di Kantor Bupati bersama para perwakilan sopir Amurang-Tumpaan dan Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, Kapolres Minsel AKBP Benny Bawensel SIK MH, Kasatlantas Polres Minsel AKP Ronny Simbar.

Sebelumnya, para sopir jurusan Amurang – Tumpaa sempat melakukan mogok melayani penumpang selama 8 jam yakni dari pukul 07.00 WITA hingga pukul 14.00 WITA.

Ternyata hal tersebut membuat para penumpang di rute tersebut terlantar karena tidak ada angkutan yang beroperasi. Menurut para sopir, perubahan jalur pada rute yang mereka layani sudah sangat jauh sehingga jumlah penumpang berkurang.

“Jika keadaan dibiarkan, sudah pasti kami akan kesulitan mendapatkan setoran dan gaji,” tukas sejumlah sopir Amurang – Tumpaan.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*