Sabtu, 4 April 2020

Disnaker Tomohon Gelar Sosialisasi Peraturan Perusahaan Perjanjian Kerjasama bagi Pengusaha dan Pekerja

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Bertempat di Aula Tulip Paslaten Kota Tomohon, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tomohon mengelar sosialisasikan Peraturan Kerjasama dengan narasumber Kepala bidang hubungan industrial dan Pengelompokan Dinas Tenaga Kerja, Trasmigrasi Provinsi Sulawesi Utara Serly Suak,SE Mediator Dinas Tenaga kerja Dan Transmigrasi hubungan industrial Hj Dra Anisa Moerid dan pembicara ketiga dari kepala bidang industrial dan serikat buruh sejahterah indonesia koordinator wilayah sulut Drs Jake Andalangi.

Hal yang disampaikan pada kegiatan ini diantaranya mengacu pada UU No.13 2003 tentang ketenagakerjaan, pengupahan, syarat-syarat kerja yang memperkerjakan 10 orang kerja wajib membuat PPKB yang merupakan syarat-syarat kerja dalam hal-hal dan kewajiban pekerja dengan pengusaha.

Mengacu pada UU Peraturan Pemerintah pasal 108 sampai 113 pengusaha wajib buat PP untuk mengatur   Pasal Implementasi kebebasan berserikat menurut UU No.21 tahun 2000 tentang kebebasan berserikat yang merupakan hak pekerja untuk menjalankan kegiatan dan berbicara, organisasi yg mengacu pada nilai .

Kabid Hubungan industrial dan pengupahan dinas tenaga kerja dan trasmigrasi provinsi Sulut Serly Suak, SE Memaparkan mengenai Peraturan perusahan terhadap pengupahan tenaga kerja untuk tidak terjadi perselisihan.

Sementara KSBSI provinsi sulawesi utara Drs. Jack Andalangi memberikan pemaparan mengenai sarana hubungan industrial, pengusaha dan pekerja rumah tangga produsen ,sebagian penggerak ekonomi.

Nilai luhur UU stakeholder dalam hubungan industrial merencanakan kebebasan pekerja dan berpendapat.

Terpenting pada kegiatan sosialisasi ini Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon Mariam Rau, SH mengharapkan apa yang sudah diterima hari ini menjadi satu wawasan sehingga hubungan industrial meningkat dan kesejahteraan pekerja meningkat terjamin.

Disampaikan mariam ada 70 perusahan yang wajib memberlakukan UU Ketenagakerjaan yang sekitar 23 yang suda terealisasi tutup Kadis tenagakerja kota tomohon yan penuh wawasan ini.

Hadir pada kegiatan ini pula Didampingi kabid bina hubungan industrian dan syarat kerja Fence Mandagi dan staf.(efd)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*