Kamis, 21 November 2019

Pedagang Minta Pemkab Boltim Percepat Proses Relokasi Pasar Kotabunan

TUTUYAN, (manadoterkini.com)-Kondisi pasar tradisional Kotabunan yang berada di Desa Kotabunan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), saat ini tidak mampu lagi menampung jumlah pedagang yang makin bertambah. Hal ini menyebabkan acap kali terjadi kemacetan karena banyak pedagang yang berjualan di tepian jalan.

Sundari, salah satu pegagang yang berdagang di pasar tersebut meminta agar Pemkab Boltim dalam hal ini Dinas terkait agar segera melakukan pembangunan pasar baru mengingat daya tampung pasar sudah melebihi kapasitas.

“Kami minta agar Pemerintah dapat segera membangun pasar baru mengingat jumlah pedagang yang semakin bertambah, menyebabkan pedagang terpaksa berjualan di pinggiran jalan, tak heran seringkali terjadi kemacetan,” ujarnya.

Lanjut Dia, pembangunan pasar yang baru, dapat membantu pedagang lainnya untuk mendapatkan lapak guna menunjang usaha mereka. “Jika pasar yang baru sudah dibangun maka para pedagang yang belum mempunyai lapak sendiri pasti akan mendapatkan. Ini juga akan menunjang usaha mereka,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boltim, Muchtar Limbanadi yang dikonfirmasi mengatakan, bahwa pasar tersebut, rencananya akan direlokasi menjadi pasar sentral dan sudah masuk pada perencanaan tahun ini. Namun, masih menunggu proses pembebasan lahan.

“Disperindag tinggal tunggu hasil dari kecamatan bersama sangadi (Kepala Desa-red), mereka lebih mengetahui kondisi lahan di sana untuk melakukan mediasi dengan pihak pemilik lahan,” ujar Limbanadi.

Dirinya menambahkan bahwa anggaran untuk fisik dan pembebasan lahan sudah mereka siapkan.”Anggaran fisik dengan dana pendamping. Dan anggaran pembebasan lahannya, sudah kami siapkan, yakni sebesar Rp 2,2 miliar,” tandasnya.(cw-6)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*