Sabtu, 28 Maret 2020

Bappeda Sulut dan Pemkot Tomohon Gelar Focus Group Discussion Pembangunan LGEP

manado

Walikota Tomohon Jimmy Eman

TOMOHON, (manadotrrkini.com) – UTPB Balai Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaa Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan focus group discussion pembangunan lahendong geothermal education park.

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Kota DR.Drs. Aarnold Poli, SH.MAP, dilaksanakan di aula Kantor Walikota, Kamis (12/2) dihadiri langsung oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak.”Pemerintah Kota Tomohon akan menunjang kebijakan energi Nasional, dengan memfasilitasi, mendorong dan mempermudah segala bentuk kegiatan pengembangan sumber panas bumi khususnya di wilayah Kota Tomohon,” ujar Eman saat membawakan sambutannya.

Lanjut Eman, pihaknya meyakini terealisasinya pembangunan LGEP (Lahendong Geothermal Education Park) mampu mendorong dari sisi sumber daya manusia dan dukungan masyarakat sekitarnya bagi peningkatan energi panas bumi secara khusus di Sulawesi Utara. Disisi lain akan membuka peluang sektor pariwisata untuk lebih berkembang dengan bertambahnya destinasi wisata berbasis pendidikan.

“Saya percaya PLTP lahendong cukup dan telah mampu menumbuhkan rasa keterlibatan, keberpihakan dan empati masyarakat sekitarnya dengan berbagai kebijakan yang mampu juga mendorong peningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat, dengan harapan adanya LPEG di satu sisi akan berdampak langsung bagi masyarakat sekitar yang juga berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Kota Tomohon dan tentunya ekonomi provinsi Sulut, sekaligus juga mendorong pengembangan energi panas bumi dalam skala regional dan nasional,” jelasnya.

Sementara itu kepala BAPPEDA Provinsi Sulut Ir. Royke O Roring, MSi mengharapkan kehadiran LGEP di Kota Tomohon akan menjadi sarana tempat bertukar ilmu pengetahuan antar pelajar, mahasiswa, akademisi, pengguna teknologi panas bumi serta masyarakat umum dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan tentang panas bumi sehingga potensi sumber daya alam ini akan diminati, sehingga panas bumi akan mampu meningkatkan daya saing ekonomi masyarakat Sulut dan bangsa Indonesia pada umumnya menuju bangsa yang besar yang berdaulat di bidang energi.

Sebelumnya uraian laporan panitia bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi isu-isu strategis yang berhubungan dengan pendidikan, wisata dan pengelolaan panas bumi dalam rangka penyusunan road map pembangunan LGEP di Provinsi Sulut serta percepatan pembangunan pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) sebagai faktor penunjang perekonomian daerah.

Sebagai narasumber dalam diskusi kepala Pusat Penelitian Panas Bumi Universitas Gajah Mada Pri Utami, PH.D, serta pejabat fungsional peneliti Dra. J. Roeroe, MSi, Kepala BAPPEDA Kota Tomohon Ir. Enos Pontororing, Msi. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut Drs. Stevanus Vreeke Runtu, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky Wenur, Sekretarsi pusat penelitian panas bumi UGM Khazani, jajaran BAPPEDA Prov Sulut, jajaran Pemkot Tomohon.(efd)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Pastikan dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*