Sabtu, 4 April 2020

Walikota Manado : PBL Mapalus Bukan Proyek tapi Program

manado

Walikota Ron Manado lewat 10 radio lokal

MANADO, (manadoterkini.com) – Program Berbasis Lingkungan (PBL) merupakan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di 504 lingkungan di Kota Manado yang ditelorkan Walikota GS Vicky Lumentut. Namun perlu dipertegas PBL Mapalus bukan proyek akan tetapi program dari Pemkot Manado untuk warga di 504 lingkungan.

Karena ini program pertama di Indonesia, memang masih butuh perbaikan. Tak mengherankan masih banyak keluhan dan masukan serta saran dari warga terkait program tersebut.

“Pak Wali, program PBL ini sudah baik, namun Pala kurang mensosialisasikan kepada masyarakat. Terkesan dana PBL hanya dilakukan tunggal oleh Pala. Ada indikasi juga Pala main mata dengan Lurah. Karena ada yang tidak melalui musyawarah di lingkungan. Bahkan pembangunan ada yang Cuma di sekitar rumah Pala,”ujar Herry warga Bahu.

Untuk itu, menanggapi laporan warga lewat dialog melalui radio, Walikota GSVL meminta warga agar melaporkan langsung kepadanya baik itu lewat SMS maupun BBM, kalau ada Pala yang menyalahgunakan kewenangan terkait PBL Mapalus tersebut.

“Silahkan lapor kepada saya kalau masih ada Pala yang belum melakukan program PBL Mapaluse secara benar. Saya telah mendapatkan laporan ada yang tidak melalui perencanaan dari masyarakat. Jadi saya minta warga mengawasi bersama-sama program PBL di lingkungan,”ujar Walikota GSVL saat dialog lewat acara Walikota Ron Manado yang disiarkan oleh 10 radio lokal di Manado.

Hanya saja, masih banyak yang beranggapan PBL Mapalus merupakan proyek Pemkot Manado yang diserahkan kepada kepala Lingkungan. Sehingga ketika dana tidak cukup membangun infrastruktur di lingkungan dianggap pemimpin kota telah melakukan korupsi. Padahal PBL Mapalus hanya merupakan stimulan utnuk menggerakan partisipasi masyarakat untuk pembangunan prasarana di lingkungan.

“PBL Mapalus sekali lagi bukan proyek. Ini adalah bentuk stimulan yang diberikan pemerintah kepada 504 lingkungan utnuk membangun insfrastruktur di lingkungan. Makanya butuh peran serta masyarakat dalam pengunaan dana ini mulai dari perencanaan sampai pada pembangunannya,”jelasnya.

Ditambahkan GSVL, tujuan program PBL Mapalus agar masyarakat secara bersama-sama membudayakan kembali semangat gotong royong dengan berpartisipasi membangun lingkungan.

“Semangat kebersamaan di lingkungan diharapkan melalui program PBL Mapalus,”pungkasnya.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*