Minggu, 29 Maret 2020

Rp 10 Milyar Dana Mami JWS Akan Dikonversi bagi Masyarakat Minahasa

TONDANO, (manadoterkini.com) – Musibah bencana alam yang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 15 Januari 2014 yang lalu, masih membekas pada kita semua termasuk warga Kabupaten Minahasa.

Berbagai bentuk penderitaan yang dialami langsung oleh masyarakat di Kota Manado yang sebagian besar wilayahnya hampir tenggelam akibat banjir bandang, serta bencana tanah longsor di Minahasa, Tomohon, Minahasa Utara dan lain-lain, setidaknya menimbulkan persoalan tersendiri takkala harapan untuk mendapatkan bantuana bencana alam dari Pemerintah Pusat, hingga kini tak kunjung tiba.

Olehnya, Pemerintah Kabupaten Minahasa harus mengambil langkah untuk membangun kembali berbagai fasilitas yang vital dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, diantaranya berupa pembangunan jembatan yang putus akibat diterjang banjir dan tanah longsor itu, antara lain jembatan yang menghubungkan Desa Koka dan Desa Kembes hingga menuju Tondano sebagai ibukota Kabupaten Minahasa.

Sebagai pemimpin yang peka terhadap berbagai harapan yang dibutuhkan rakyatnya, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tidak hanya diam dan membiarkannya atau hanya melakukan sikap menunggu saja.

Bupati pilihan rakyat Minahasa ini langsung mengambil tindakan untuk kepentingan rakyat, dengan mengalihkan Pos Anggaran Biaya Makan dan Minum (MAMI) Bupati pada tahun 2014 dengan persetujuan pimpinan DPRD Minahasa sebesar Rp 2,8 Milyar digeser untuk membuat Jembatan yang menghubungkan Desa Koka dan Desa Kembes tersebut, meliputi bangunan dasar hingga sebahagian atas jembatan itu, dengan target selesai pembangunannya pada pertengahan tahun 2015 ini.

Bahkan dalam APBD Perubahan 2015 nanti, Anggaran Biaya MAMI Bupati yang akan dianggarkan, tidak akan digunakan lagi oleh Bupati JWS tetapi akan digeser untuk membangun WC bagi masyarakat kurang mampu di Minahasa dengan rencana anggaran Rp 2 juta per rumah.

Pos Anggaran biaya Makan Minum (MAMI) Bupati Minahasa pada tahun 2016 hingga akhir masa jabatannya pada tahun 2018 nanti, semuanya akan diperuntukkan untuk pembangunan WC bagi rakyat kurang mampu di Minahasa.

Ditargetkan dana Makan Minum Bupati selama 3 tahun nanti akan mencapai jumlah anggaran sebesar Rp 10 milyar, sehingga jika setiap kelurga mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 2 juta maka realisasinya akan dapat membangun WC bagi 5000 keluarga yang kurang mampu.

“Tekad dan komitmen Bupati JWS ini haruslah didukung oleh semua pihak, termasuk para para Camat, Lurah dan Hukum Tua di Minahasa diharapkan mendukung program ini dengan memberikan data tentang masyarakat yang benar-benar kurang mampu yang berada di wilayahnya masing-masing di Kabupaten Minahasa ini,”ujar Kabag Humas Pemkab Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi.(cw-7)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*