Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Walikota Manado Dukung Penuh Festival Seni Budaya Bantik

×

Walikota Manado Dukung Penuh Festival Seni Budaya Bantik

Sebarkan artikel ini

GSVL : Bangsa yang besar, bangsa yang mengenang jasa para Pahlawan

manado
Grand Opening Festival Budaya Bantik dibuka Walikota GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadoterkini.com) – Akhir pekan kemarin, Walikota GS Vicky Lumentut, menghadiri Grand Opening Festival Seni Budaya Bantik 2015 yang dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Malalayang Satu Timur.

Festival Seni Budaya Bantik ini dalam rangka memperingati 66 Tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi, mendapat dukungan penuh orang nomor satu di Kota Manado.

Tak ayal, support dan kehadiran Walikota GSVL pada 14 Februari kemarin bertepatan dengan tanggal lahir Pahlawan Nasional Bantik, Robert Wolter Mongisidi, menuai apresiasi dari seluruh masyarakat Bantik.

Menurut Lumentut, sosok Robert Wolter Mongisidi yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia patut diwarisi semangatnya. Apalagi Bote—panggilan akrab Robert Wolter Mongisidi adalah pahlawan nasional berasal dari masyarakat suku Bantik. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mengenang jasa para pahlawannya. Mari kita isi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan kusuma bangsa. Selamat melestarikan nilai-nilai budaya, sebagai aset kejayaan di Manado,” ujar GSVL yang disambut aplaus ratusan warga Banti yang hadir.

manado
Festival budaya bantik dibuka Walikota GSVL

Untuk itu,Walikota visioner ini berharap semangat semangat dan perjuangan Bote akan diwarisi generasi muda untuk pembangunan Manado yang lebih baik. “Semangat Bote yakni ‘setia hingga terakhir dalam keyakinan’, harus terus terpatrih. Maka kita yang ada saat ini, merupakan penerus semangat Bote baik itu datang dari bidang hidup profesi, dan kapabilitas yang dimiliki di manapun kita berada,” ajak GSVL.

Ditambahkan Lumentut, festival Bantik ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memelihara jati diri dan kearifan lokal. “Festival Bantik ini menambah kekayaan budaya kita dan menunjang pariwisata kita. Karena itu, saya minta pertahankan terus semangat dan jati diri Bantik ini. Semoga juga juga menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Manado,” tandas Lumentu.

Sekretaris Panitia Pdt Dr Max Tontey mengapresiasi dukungan GSVL terhadap kegiatan ini, apalagi telah menganggarkan dalam APBD Manado. Begitu juga Direktur Lembaga Pemangku Adat Anak Suku Bantik AKBP Reino Bangkang MSi dan Letkol Purn Robby Mongisidi (adik kandung Robert Wolter Mongisidi), yang ikut bangga karena Walikota GSVL konsisten mengangkat budaya Bantik. “Terima kasih pak Walikota, karena mendukung penuh kegiatan kami ini,” ucap Tontey.

Sekedar diketahui, kegiatan Festival Seni Budaya Bantik ini dilakukan dalam rangka memperingati 66 Tahun wafatnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi. Puncak kegiatan ini digelar September 2015 mendatang. Kehadiran GSVL dalam acara grand opening Festival Seni Budaya Bantik 2015 itu mendapat apresiasi dari seluruh masyarakat Bantik yang hadir. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua Dekot Manado Henny Van Bone.(ald)