Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
ManadoPolitik

Universal Coverage (UC) Dinilai Pantas Dikolaborasikan Dengan Home Care (HC)

×

Universal Coverage (UC) Dinilai Pantas Dikolaborasikan Dengan Home Care (HC)

Sebarkan artikel ini
manado
Apriano Ade Saerang

MANADO, (manadoterkini.com) – Program Universal Ceverage (UC) yang merupakan program kesehatan gratis dari Pemkot Manado, dinilai sangat pantas dikolaborasikan dengan program Home Care (HC)milik Pemkot Makasar.

UC memberikan layanan kesehatan gratis di rumah sakit, sedangkan HC melayani warga yang sakit langsung di rumah.

“Home care yang menjadi program unggulan Pemkot Makasar khususnya dibidang kesehatan,” ujar Ketua Komisi D DPRD Kota Manado, Apriano Saerang, kepada sejumlah wartawan.

Apriano menjelaskan, program HC di dukung beberapa fasilitas seperti ambulance, layanan online serta tenaga dokter, bidan dan perawat.

“HC Makasar di back-up dengan tunjangan fasilitas ambulance yang canggih termasuk perlengkapan onlinenya,” tuturnya.

Program ini diketahui, saat Komisi D DPRD Kota Manado, melakukan kunjungan kerja ke Kota Makasar. Program HC ini sangat cocok dikolaborasikan dengan program UC milik pemkot Manado, karena ketika layanan kesehatan gratis juga di imbangi dengan layanan kesehatan langsung dari rumah, akan lebih bermanfaat dan benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau UC, masih terkendala oleh proses administrasi dari pihak rumah sakit. Selalu yang terjadi adalah administrasi dulu baru dilakukan tindakan perawatan. Sedangkan untuk HC, sifatnya jemput bola dengan melakukan pelayanan di rumah warga,” jelas Saerang.

Program HC, baru saja dicetuskan oleh Walikota Makasar dan baru berjalan 2 tahun.(mlz)