Minggu, 29 Maret 2020

GSVL Apresiasi Terobosan TP-PKK Manado

manado

Walikota GSVL mendukung program Baron Manado dari TP-PKK Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Program baron Manado dari TP-PKK Kota Manado, mendapat apresiasi dan dukungan yang luar biasa dari Walikota GS Vicky Lumentut. Karena penyuluhan atau sosialisasi yang dilakukan TP –PKK itu sangat bermafaat bagi kesehatan masyarakat di lingkungan.

Untuk itu, edukasi atau pendidikan yang dilakukan TP-PKK mencegah dan memberantas sarang nyamuk dengan mengkampanyekan 3M dengan program baron Manado adalah langkah yang sangat baik dibanding melakukan fogging.

“Para dokter mengatakan fogging itu sangat berbahaya karena itu racun serangga. Dan efek negatifnya bisa menghambat pertumbuhan anak serta berbahaya bagi ibu hamil,”ujar Lumentut.

Makanya, GSVL mengajak warga di Kelurahan Wawonasa, Kecamatan Singkil, bisa mengikuti dengan baik apa yang dikampanyekan TP-PKK bersama Dinas Kesehatan, memberantas tempat berkembang biaknya nyamuk yang bisa menimbulkab wabah DBD.

Lanjutnya, kalau pun sudah ada kasus di lingkungan segerahlah menghubungi Dinas Kesehatan untuk melakukan fogging. Karena fogging bukan satu-satunya cara mencegah DBD.

“Mencegah terjadinya kasus DBD di lingkungan kita, yang terbaik melakukan cara 3M. Aksi penyemprotan fogging, itu bukanlah jalan keluar terbaik. Karena semprot fogging tidak tepat sasaran, pasti malahan akan membahayakan warga karena itu merupakan racun. Jadi sebaiknya mengusulkan penyemprotan fogging, itu dilakukan atau berkoordinasi dengan pihak terkait yakni Dinas Kesehatan bukan seperti jual kacang atau krupuk, datang semaunya ke lokasi yang belum ada kasus DBD, itu malah akan menimbulkan masalah baru nantinya,” saran Walikota GSVL.

Dalam kesempatan tersebut Walikota tak henti-hentinya mensosialisasikan program prorakyat pengobatan kesehatan gratis yakni Universal Caverage, Program Berbasis Lingkungan (PBL Mapalus), serta santunan duka bagi warga Kota Manado, serta program lainnya.

Sementera itu, Ketua TP-PKK Prof Dr Ny Paula Lumentut –Runtuwene menuturkan pihaknya dalam melakukan sosialisasi penyuluhan DBD kepada masyarakat itu mengadeng Dinas Kesehatan Kota Manado, melakukan pemeriksaan gratis, seperti gula darah, kolesterol, asam urat serta HIV/AIDS.

“Yang terpenting bagi kami melakukan penyuluhan bagaimana warga bisa hidup bersih. Karena lingkungan bersih bagian dari pencegahan virus DBD,”pungkasnya.

Bahkan Ketua PMI Kota Manado itu menuturkan program baron Manado itu akan mereka lakukan di semua Kecamatan di Kota Manado.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*