Senin, 30 Maret 2020

Belum Masukan Profil Desa, 59 Desa di Minsel Hambat Pencairan ADD

AMURANG, (manadoterkini.com)-Sedikitnya masih ada sekitar 59 desa yang belum masukan profil desa melalui website. Hal ini dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Minahasa Selatan (Minsel) Drs Benny Lumingkewas.
Menurutnya sampai saat ini sudah sekitar 108 Desa yang memasukan profil desa dari total 167 desa yang ada di Minsel.” Masih ada sekitar 59 Desa yang belum memasukan profil desa melalui Web,”  ujarnya. Lumingkewas menambahkan Desa yang belum memasukan profilnya akan berpengaruh pada realisasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) 2015. Profile desa ini menjadi salah satu persyaratan untuk pencairan ADD. Dan hal ini sudah lama disampai-sampaikan kepada Pemerintah Desa untuk secepatnya melakukan pengurusan. Dan apabila ada yang belum paham diminta berkonsulatasi dengan BPMPD sekaligis akan mendapat bimbingan untuk pembuatan profil desa.
Profile desa ini akan dibuka langsung oleh pemerintah pusat untuk melihat potensi desa, ekonomi data penduduk maupun pembangunan.” Kami berharap desa yang belum memasukan profil untuk segera melakukan input profil desa di website masing-masing,” tegasnya.
BPMPD sendiri menargetkan 167 desa bisa menyelesaikan profil desa paling bulan maret. Ini penting karena menjadi dasar untuk pencairan ADD. Dan hukum tua segera merespon kalau terlambat otomatis pencairan ADD akan terlambat pula.” Profil desa harus memuat gambaran desa secara keseluruhan kemudian arah pembangunan desa,” ujarnya sambil menambahkan ADD pada 2015 sudah dialokasikan sekira Rp1,4 miliar.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*