Minggu, 29 Maret 2020

Tahun Ini, 81 Desa di Boltim Bakal Terima Dana Tambahan

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusdi Gumalangit, menuturkan pada tahun 2015 ini, sedikitnya 81 Desa bakal ketambahan Dana melalui Pemerintah Pusat secara bertahap.

Dijelaskannya, Dana Desa berbeda dengan Alokasi Dana Desa (ADD) yang biasanya dikucurkan Pemerintah Daerah (Pemda) lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kepada setiap Desa. Untuk tahun ini katanya Dana tersebut sudah mulai ada. “Dana Desa tahun ini sudah mulai ada, dan dana tersebut berbeda dengan ADD,” kata Gumalangit kepada sejumlah wartawan.

Menurut Dia, dana awal yang bakal diterima Desa akan direalisasikan sekitar bulan April mendatang, sambil menunggu Petunjuk Teknis dari Pusat. “Setiap desa akan menerima Dana tersebut secara bertahap hingga mencapai 1,4 Miliar. Dan saat ini kami masih menunggu juknis dari pusat,” ujarnya.

Selain itu kata Gumalangit, terkait Dana Desa yang akan di kucurkan nanti oleh pemerintah pusat, dirinya belum tahu jelas peruntukkanya. Sebab Juknis belum ada. ‚ÄúPeruntukan Dana Desa tersebut belum di ketahui pasti untuk Fisik atau Non Fisik, karena Juknisnya belum ada,” pungkasnya.

Sesuai data yang diterima, setiap Desa bakal menerima dana sekitar Rp 257,4 juta per Desa hingga 2019 nanti. Dan besaran dana tersebut berlaku terhadap 81 Desa yang ada di Boltim.(cw-6)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*