Minggu, 29 Maret 2020

Gubernur SHS Sambut Gembira Festival Seni Budaya India

manado

SHS buka festival budaya India.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Festival budaya tradisional India yang digelar di Auditorium Mapalus, Kantor Gubernur, Jumat (20/2) tadi malam, dibuka secara resmi Gubernur SH Sarundajang. Tak pelak, SHS sapaan akrab Gubernur menyambut gembira pagelaran tarian Bhangra dari Provinsi Punjab India.

Pagelaran seni budaya India itu mengambil tema “Sahabat India”. Untuk itu, Gubernur mengajak Konjen India di Bali, Amarjeet Singh Takhi tidak usah sungkan-sungkan. “Perlu kalian tau disini (Sulut-red), kalian bisa menikmati keindahan. Hasil dari pelayanan pasar swalayan, pemerintahan yang ramah, panorama yang bagus. Dan kalian semua tahu di sulut ada taman laut bunaken,”ucap Sarundajang.

Karena sesungguhnya India dan Indonesia lanjut Sarundajang, punya kesamaan dengan budaya. “Suatu saat nanti kerjasama yang luar biasa pasti akan terjadi antara Sulut dan India,” jelas Gubernur Sarundajang sembari menyampaikan terima kasih banyak untuk kalian semua yang boleh bersama-sama dengan kami di daerah Niur Melambai.

manado

Festival Budaya India di Auditorium Mapalus, Kantor Gubernur Sulut.(ist)

Sebelumnya Konjen Amarjeet Singh Takhi menyebutkan, kegiatan ini didukung sepenuhnya Gubernur Sulut dan pejabat di sini untuk memperkenalkan budaya India, sekaligus menjalin persahabat dan persaudaraan antar kedua bangsa dan negara.

“Saat ini kami menyambut dengan kehangatan atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian, termasuk warga India yang berdiaspora untuk menyaksikan tarian Bahngra yang berasal dari Provinsi Punjab India,”katanya.

Dalam kesempatan itu untuk yang kedua kalinya Takhi menyebutkan bahwa India bersedia membantu para tenaga Dosen, Guru, Pejabat, Mahasiswa serta wartawan yang ingin melanjutkan study di S2 dan S3 perguruan tinggi di negaranya, melalui program bea siswa gratis. “Kami ingin membantu kalian disini untuk melanjutkan studi di India, ada Empat perguruan tinggi yang telah siap menampungnya,” janji Takhi.

Sebelum dimulai pagelaran ini, terlebih dahulu telah dikumandangkan lagu kebangsaa kedua negara.

Hadir dalam acara ini, Kejati Sulut TM Syah Risal SH, Kepala BPKP Sulut Adil Hamonangan Pangihutan, Bupati Sitaro Toni Supit, Wakil Konjen Philipina Jan Sherwin P Wenceslao bersama Mandamme Maria Cecilia P Wenceslao, Wakil Konjen India Surinder Reddy, Anggota Deprov Sulut Eva Sarundajang dan Marlina Moha Siahaan, Kadis Budpar Ir Happy TR Korah MSi serta para pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemprov Sulut.(cw-11)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*