Minggu, 29 Maret 2020

Kementerian Perdaganggan Alokasikan Rp 6 Miliar untuk Pasar Beriman Tomohon

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Kementerian Perdagangan mengalokasikan anggaran untuk infrastruktur Pasar Beriman Tomohon Rp 6 Miliar.

Pasalnya, keunikan pasar beriman Tomohon telah mendunia dan menjadi tujuan wisata di Sulawesi Utara.

Selaras dengan upaya memajukan perekonomian dan perdagangan Kota Tomohon dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Alokasi dana bantuan kementerian tersebut diberikan melalui dinas perindustrian dan perdagangan Kota Tomohon. “Anggaran bersumber dari tugas pembantuan itu akan dialokasikan untuk pembangunan gedung lantai dua,” kata Direktur Utama Perusahan Daerah Pasar Eddy Turang kepada manadoterkini.com

Bantuan ini diberikan berdasarkan pemaparan melalui proposal dan lobi Walikota Jimmy F.Eman,SE.Ak bersama Kadis Perindag & Dirut PD Pasar saat diundang mempresentasikan pengembangan pasar beriman Tomohon, 26 September 2014 lalu.

Dalam presentasi tersebut, Eman menjelaskan argumentasi yang kuat kalau pasar merupakan salah satu urat nadi perekonomian vital bagi masyarakat. Baik sebagai pedagang maupun pembeli.

Lanjut Walikota, hal ini selaras dengan program dan kegiatan Kementerian Dalam Negeri yang terus berusaha membangun pasar tradisional modern, yang tidak hanya sekedar membangun sarana fisiknya saja.

Namun dalam program ini juga diadakan pelatihan manajemen pengelolaan pasar tradisional, penyusunan model pembangunan dan pengelolaan pasar dan peningkatan pengetahuan dan kemampuan pedagang serta memfasilitas pelaksanaan pos ukur ulang dalam rangka peningkatan tertib ukur guna melindungi konsumen.

“Saya sangat optimistis bahwa dengan semangat kerja sama dan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak, maka pengembangan pembangunan pasar modern ini akan sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian dan kesejahtraan rakyat,”ujar Eman.

Proposal yang dipresentasikan ini merupakan lanjutan dari pembangunan sejak tahun 2013 dan 2014. “Oleh karena itu harus dikembangkan secara simultan dan berkesinambungan,”terang Tulus.(Efd)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*