Sabtu, 28 Maret 2020

Harga Beras di Minsel Naik Hingga 20 Persen

amurang

Sam Setho Slat

AMURANG, (manadoterkini.com) – Harga beras disejumlah Pasar tradisional yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) saat ini telah naik 15-20 persen dari harga sebelumnya perliter Rp 7.500-Rp 8.000 menjadi Rp9.000 – Rp9.500. Hal ini diakui oleh sejumlah pedagang disejumlah pasar yang ada Minsel.

Rati salah satu pedagang beras di pasar 54 Amurang mengatakan, harga beras memang terus mengalami kenaikan sejak pekan lalu. “Naiknya memang tidak drastis, tapi setiap hari mengalami kenaikan sedikit demi sedikit,” katanya.

Sementara untuk beras kualitas super atau yang biasa disebut beras premium, saat ini sudah mencapai harga Rp 9.000 hingga 9.500 per kilo. Selain itu, Dia juga mengaku kesulitan mendapatkan jenis beras tersebut. “Sekarang susah cari beras kualitas premium. Saya yang biasanya mendapat pasokan 5-6 kwintal per minggu, sekarang hanya mendapat 2 kwintal,” katanya lagi.

Hal senada dikatakan Frida pedagang beras di pasar Amurang. Menurut Frida, kenaikan harga beras terjadi secara bertahap selang seminggu terakhir. Stok untuk pedagang pun berkurang drastis karena kelangkaan beras mulai terjadi di beberapa daerah. “Pembelian satu sak beras Rp 500 ribu, naik sekira Rp60.000 dari harga sebelumnya Rp 440 ribu persak. Biasanya kami mendapatkan beras 30-40 sak setiap kali didistribusi. Sekarang ini, kami hanya mendapatkan 5 sak beras, dan itupun harus berebutan dengan pedagang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disperindakop Minsel, Sam Setho Slat ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan, kenaikan harga beras tentunya berkaitan dengan ketersedian stock itu sendiri. “Jika stock beras menurun tentunya harga beras naik. Untuk itu, kami tentunya masih melakukan pengawasan jangan sampai adanya penimbunan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dan jika kedapatan, tentunya juga akan diberikan sangsi tegas,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*