Minggu, 29 Maret 2020

Tingkatkan Swasembada Pangan, 280 Koptan di Mitra Bakal Kebagian Rp 15 Miliar

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Sekira 280 Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam waktu dekat ini akan kebagian Rp 15 Miliar yang diambil dari dana tugas pembantuan APBN. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Mitra Ir Elly Sangian MEng.

Menurut Sangian, bantuan tersebut diberikan dalam bentuk bantuan sosial yang akan diperuntuhkan kepada Poktan dalam rangka memaksimalkan program swasembada pangan.

“Saat ini, kami sementara melakukan verifikasi terhadap kelompok yang akan menerima bantuan, nantinya, dari hasil verifikasi ini yang akan menjadi dasar kami sebagai verifikator untuk mengeluarkan rekomendasi yang akan digunakan untuk mencairkan dana tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari Rp 15 Miliar ini akan diperuntuhkan demi optimasi lahan sawah sejumlah Rp 2,4 Miliar (100 Poktan), Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GPPTT) padi sawah Rp 4,3 Miliar (60 Poktan), penembangan tanaman kedele Rp 1,8 Miliar (100 Poktan), pengembangan tanaman jagung Rp 2,1 Miliar (40 Poktan).

“Selain itu ada juga dana untuk pengembangan jaringan irigasi sebesar Rp 4,4 Miliar dan itu akan di peruntuhkan kepada 80 Poktan,” tandasnya.(cw-3)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*