Sabtu, 4 April 2020

Walikota Tomohon Serahkan Sertifikat Akreditasi

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Walikota Jimmy F Eman SE Ak, menyerahkan sertifikat akreditasi pada sekolah/madrasah di Kota Tomohon. Selain itu diserahkan pula hasil OSN untuk setiap sekolah menengah umum.

Walikota mengatakan akreditasi sekolah dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip objektif, komprehensifk, adil, transparan dan akuntabel, sekolah yang akan mengikuti akreditasi tentunya harus memenuhi beberapa syarat diantaranya memiliki SK pendirian/operasional sekolah, memiliki peserta didik, sarana dan prasarana pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, melaksanakan kurikulum yang berlaku serta telah menamatkan peserta didik.

Dikatakan pula jajaran dinas pendidikan daerah Kota Tomohon sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah, hendaknya dapat bersinergi dengan badan akreditasi provinsi sekolah maupun badan akreditasi nasional sekolah/madrasah.

Ditambahkannya dinas pendidikan daerah juga merupakan unit pelaksana akreditas yang mempunyai tanggungjawab untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tomohon. “Saya menyampaikan selamat kepada sekolah-sekolah yang boleh menerima sertifikat akreditasi. Kiranya apa yang telah dicapai tetap dopertahankan dan lebih ditingkatkan,” tutup Eman.

Sementara itu Kadis pendidikan daerah DR Juliana D Karwur Mkes MSi mengatakan berdasarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 29 tahun 2005, akreditasi sekolah/madrasah adalah suatu kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga mandiri yang berwenang untuk menentukan kelayakan program dan atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Selain para kepala sekolah SD,SMP,SMU/SMK, hadir pula dalam kegitan dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Akreditasi Sekolah/Madrasa Provinsi Sulut J.O.Bolang.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*