Senin, 30 Maret 2020

Disbertam Manado Kembali Galakkan KPO

manado

Julises Oehlers, SH

MANADO, (manadoterkini.com) – Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Manado, kembali menggalakkan upaya Kumpul Pilah Olah (KPO). Hal itu dimaksudkan agar masyarakat bisa menyadari sampah bisa bernilai ekonomis.

“Kami terus menggalakkan, upaya kumpul pilah olah, dari sampah berbasis masyarakat, yang diproduksi dan dihasilkan dari suatu rumah tangga. Karena sampah itu bernilai ekonomis,” jelas Kadis Kerbersihan dan Pertamanan Julises Oehlers SH.

Diakuinya sosialisasi mengingatkan kepada warga menggalakan kembali cara membuang sampah di tempat yang sudah ditentukan atau tidak dibuang begitu saja.

“Belakangan warga yang melakukan pemilahan sampah agak berkurang dibanding tahun –tahun sebelumnya. Gaung mengumpul sampah yang bernilai ekonomis harus kembali digalakkan,”kata Oehlers.

Ditambahkannya sampah yang bisa bernilai ekonomis termasuk dijadikan pupuk organik. Makanya dibutuhkan kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya serta melakukan pemilahan sampah. “Belakangan kami membersihkan sampah yang memenuhi selokan di Kota Manado. Mungkin ini masih sisa-sasa dari Banjir bandang lalu. Kita berharap warga tidak membuang sampah di selokan,”tukasnya.

Menariknya dalam memotivasi masyarakat Oehlers memiliki kalau bukan kita siapa lagi? kalau bukan sekarang kapan lagi?

“Kami begitu mengharapkan, adanya kegerakan dan kesadaran dari masyarakat, karena kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” pungkas Oehlers.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*