Sabtu, 28 Maret 2020

Kunker DPRD di Samarinda Siap Diterapkan di Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Hasil Kunjungan kerja (Kunker) Komisi III Bidang Kesejahteraan Masyarakat, yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) di wilayah Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini siap diterapkan di Minsel.

Hal ini di katakan langsung Sekretaris Komisi III DDPRD Minsel, Harianto Suratinoyo kepada manadoterkini.com.

Menurut Suratinoyo, salah satu hasil Kunker yang didapat dan akan diterapkan adalah, adanya serikat buruh di Minsel. “Kami tentunya mendukung adanya serikat buruh di Minsel. Upaya tersebut sebagai langkah untuk menjamin hak dan perlakuan para karyawan dari perusahaan yang kerab menimbulkan ketidakadilan,” ungkap Suratinoyo.

Lebih lanjut, Suratinoyo mengatakan, pihaknya sudah mengikuti kunjungan kerja (kungker) di Samarinda, Kaltim, dan melihat semua perusahaan yang beroperasi memiliki serikat buruh. “Disana sangat berbeda dengan perusahaan di Minsel, yang disinyalir tidak menjamin dan menfasilitasi para karyawannya untuk membentuk serikat buruh yang dilindungi pemerintah,” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan, dengan adanya serikat buruh merupakan wadah bagi para karwayan untuk menuntut hak dan perlakuan sesuai undang-undang ketenagakerjaan agar diperlakukan adil bagi perusahaan tempat mereka bekerja. “Contohnya di Minsel masih banyak permasalahan yang menyudutkan para buruh untuk memperoleh hak mereka. Seperti tidak adanya jaminan kesehatan, dan belum digaji sesuai upah minimum provinsi (UMP),” jelasnya.

Dia menambahkan,, banyak hal yang didapat dan dimengerti soal ketenagakerjaan di Kota Samarinda yang perlu diberlakukan di daerah ini. Pihak kami akan dan sangat mendukung adanya pembentukan serikat buruh agar memberikan ruang bagi para buruh untuk menyampaikan aspirasinya.” Kungker ini sangat penting untuk mengetahui soal ketenagakerjaan. Setelah kembali nanti kami akan langsung melakukan rapat dengar pendapat dengan pimpinan perusahaan terkait hal tersebut,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*