Selasa, 7 April 2020

BPN Gratiskan Pengurusan 1.500 Sertifikat Tanah di Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Progam Nasional yang diprogramkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) ada sekitar 1.500 pengurusan sertifikat tanah di Minsel tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal ini dibenarkan Kepala BPN Amurang, Tjatur Wahyudi, SE kepada sejumlah wartawan. Menurut Wahyudi, tahun 2015 ini, Kabupaten Minsel kembali mendapatkan jatah pembuatan sertifikat gratis melalui Prona sebanyak 1.500 bidang lahan. Akan hal itu, BPN Amurang, sejak program tersebut diluncurkan, mulai memacuh dalam melakukan setiap proses pembuatan, sehingga ditargetkan selesai tepat waktu.

“Sebagaimana yang tertuang dalam peraturan Kementerian Agraria Tataruang/BPN Nomor 1 Tahun 2015 telah dijelaskan untuk pengusulan pembuatan sertifikat gratis, namun harus dilengkapi bukti kepemilikan lahan yang sah,” katanya.

Lebih lanjut, Wahyudi mengatakan, pihaknya selaku yang bertanggung jawab dalam meneliti dokumen kepemilikan, tentunya akan terus bekerja keras guna memeriksa setiap berkas yang di usulkan oleh warga maupun pemerintah desa dan kelurahan.

“Ada beberapa tahapan yang akan kami lakukan sebelum menerbitkan sertifikat. Misalnya saat menerima dokumen pengusulan pembuatan sertifikat gratis, kami harus memeriksa nama pemilik lahan apakan sesuai dengan yang mengusulkan, sebelum dilakukan proses pengukuran dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi agar tidak terjadinya permasalahan dikemudian hari,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, terdapat 2 kriteria luas lahan yang bisa dilayani dalam pengusulan pembuatan sertifikat gratis, yakni 500 meter persegi dan 5.000 meter persegi.

“Untuk pemohon dari masyarakat umum, dibatasi besaran luas bidang lahan yang diusulkan untuk pembuatan sertifikat gratis, maksimal 500 meter persegi. Tapi untuk bidang lahan milik keagamaan atau sosial, luasnya bisa sampai 5.000 meter persegi, dan itu sesuai dengan peraturan yang di keluarkan oleh Kementerian,” tutupnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*