Sabtu, 4 April 2020

Pemkot Tomohon Lakukan Rumusan Pencegahan Pananggulangan HIV/AIDS

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Sampai dengan Bulan Agustus 2014 terdapat 98 orang terkena dampak penyakit HIV/AIDS yang sudah tersebar di 5 Kecamatan yang ada di Kota Tomohon. Untuk mengantisipasi hal itu Pemkot Tomohon melalui Bagian Kesra mengfasilitasi perumusan kebijakan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

“Kegiatan tersebut bertujuan membahas tentang pencegahan dan penanggulangan penularan HIV/AIDS di Kota Tomohon. Penularan tertinggi yang terjadi melalui faktor resiko, heteroseksual (Transmisi Seksual) oleh karena itu di kegiatan ini sangat penting untukdilaksanakan,”ujar Sekertaris Daerah Kota Tomohon DR.Drs.Arnold Poli, SH, MAP mewakili Walikota Jimmy Eman.

Lanjut Poli, masalah HIV/AIDS merupakan sindrom atau kumpulan gejala penyakit yang secara medisbelum di temukan obat untuk mengatasi virus HIV/AIDS, sehingga masalah ini memang benar-benar menjadi masalah serius yang memerlukan penanganan secara global. ”Masalah HIV/AIDS ini juga merupakan masalah sosial yang kompleks, karena berdampak luas dalam kehidupan masyarakat,”katanya.

Selanjutnya Poli menguraikan bahwa, Penyebaran Penyakit HIV/AIDS yang sudah tersebar di Kota Tomohon dari bulan Agustus 2014 ada sekitar 98 orang. “Ini merupakan tanda awas bagi Masyarakat Kota Tomohon dalam melindungi diri sendiri, Keluarga bahkan sebagai gerakan masyarakat untuk menjaga tingkat Produktivitas sumber daya manusia,”ungkapnya.

Dengan harapan, semua pihak yang berkompeten untuk selalu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman bahaya yang ada serta adanya komitmen dari masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan HIV/AIDS agar terlaksana terpadu dan terkoordinasi.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Kabag Pengembangan Pendidikan dan Kesehatan BIRO Kesra Prov. Sulut Yongki Lasut, SH dan Sekertaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Tomohon Dr. Mieke Rumambi dan dihadiri oleh staf Dikpora, Diskesos, Satpolpp BPMPK, Badan Narkotika, Bagian Hukum Komisi Perlindungan Anak, Perwakilan Puskesmas dan pegawai Tenaga kontrak yang ada di Kota Tomohon.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*