Minggu, 29 Maret 2020

Pemkab Mitra Kawinkan 237 Pasangan ‘Kumpul Kebo’

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Sekitar 237 pasangan ‘kumpul kebo’ di Kabupaten Minahasa Tenggara difasilitasi oleh Pemerintah dan TP-PKK menjadi satu ikatan secara hukum. Kawin masal tersebut diteguhkan oleh Wakil Ketua BPMS GMIM Pdt Arther Rumengen MTeol dilaksanakan di Atrium Kantor Bupati.

Ketua TP-PKK Jein Sumendap-Rende SE Ak mengatakan, perkawinan massal ini untuk membantu para keluarga yang sudah lama kumpul kebo namun belum resmi sebagai pasangan suami istri atau belum menikah.

“Masih banyak yang belum disahkan dalam satu perkawinan, gejala sosial ini menjadi perhatian TP-PKK. Ini adalah tujuan untuk memberdayakan keluarga berdasarkan UU nomor satu tahun 1974 tentang perkawinan,” ujar Rende.

Bupati Mitra James Sumendap SH, menuturkan kawin massal akan menjadi agenda Pemkab Minsel kedepan.

“Pemkab Mitra sangat mendukung program kawin massal yang diselenggarakan oleh TP-PKK. Saya minta para hukum tua untuk mendata dan memberikan pembinaan dan pencerahan bagi pasangan yang belum nikah secara hukum dan agama,” tuturnya.

Sementara kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil David Lalandos AP menambahkan, kawin massal ini sama sekalitidak dipungut biaya. ”Program ini dibebaskan dari semua biaya atau digratiskan,” tukasnya.(cw-6)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*