Minggu, 20 Mei 2018

Pilkada Minsel Kemungkinan Akan Digelar Awal Desember

AMURANG, (manadoterkini.com)-Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) DR Fanley Pangemanan mengungkapkan, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minsel tahun 2015 kemungkinan akan dilaksanakan pada awal Desember dan kemungkinan tidak akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember.

“Hal ini dikarenakan, sesuai usulan KPU se-Indonesia Timur harus melihat lagi perayaan hari-hari besar agama Kristiani. Dan jika usulan KPU se- Indonesia bagian Timur diterima KPU Pusat, saat Rakornas di Jakarta beberapa waktu lalu, untuk Pilkada di bagian Indonesi Timur harus dilakukan pada awal Desember atau tanggal muda. Supaya, saat rekapitulasi tak akan mengganggu umat Kristiani menyambut Hari Natal,” katanya.

Menurut Pangemanan, pemilihan tanggal pelaksanaan didasarkan beberapa faktor. Di antaranya, sebagian besar masyarakat Indonesia di kawasan Indonesia bagian timur merayakan Natal. Karena itu, KPU meyakini pelaksanaan pilkada lebih baik dilaksanakan awal bulan Desember sehingga tidak terganggu libur nasional perayaan Natal dan tahun baru.

“Menggelar pilkada pada awal Desember. Nah itu mungkin bisa menjadi acuan kami dalam menghitung proses rekapitulasi suara, apakah bertabrakan dengan Natal. Jadi harus benar-benar kami perhitungkan,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Pangemanan, penyelenggara Pemilu membutuhkan waktu sekitar 2 sampai dengan 3 bulan untuk menyusun sepuluh rancangan Peraturan KPU terkait pelaksanaan pilkada. Artinya, jika dihitung sejak penetapan revisi UU Nomor 1 Tahun 2015, yang baru disahkan awal Februari, maka paling cepat tahapan pilkada serentak kemungkianan baru dapat dimulai sekitar Mei atau Juni mendatang.

“Sekitar 2 sampai dengan 3 bulan setelah diundangkan, kami bisa mulai melaksanakan tahapan pilkada. Perkiraannya April sudah tuntas semua peraturan dan sosialisasi, kemudian Mei atau Juni tahapan pilkada bisa mulai dilaksanakan,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*