Kamis, 22 Agustus 2019

Tomohon Terus Berupaya Tanggulangi Sampah

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya menanggulangi volume sampah. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperbanyak armada angkut sampah.

Bahkan tahun ini, Dinas Tataruang, Pertamanan dan Persampahan (Tarumansa) jumlah armada pengangkut sampah yang ada saat ini yaitu 8 buah Truk dan 7 buah Bentor.

Dikatakan mantan Kepala Dinas Tataruang Pertamanan dan Persampahan (Tarumansa) Kota Tomohon Lily Solang kepada wartawan Soal kebersihan pihaknya terus mengintensifkan pengolahan sampah di kota sejuk.

Keseriusan dinas Tarumansa kota Tomohon dalam penanganan sampah tidak hanya sebatas angkut sampah. Bahkan saat ini, pihaknya memiliki bank sampah yang tersebar hingga di tingkat sekolah dan kelurahan.

Lebih jauh dijelaskan Solang, pihaknya akan terus menggalakkan program bank sampah. Pasalnya, dengan adanya bank sampah akan lebih membantu masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan di tempat tinggal masing-masing.

”Kami akan merangsang warga dan pelajar lewat bank sampah. Kami targetkan tahun ini bisa membangun bank sampah di seluruh wilayah yang ada di kota Tomohon,”ujar Solang yang pada hari kemarin telah dilantik sebagai Kepala BLH Tomohon.

Untuk bank sampah ini, terang Solang, sangat mudah dan sederhana. Hanya dibutuhkan lahan untuk penampungan dan kemauan untuk mengelolanya. Kemudian ada tenaga pemilah dan alat timbangan.

“Setiap bulan bank sampah yang dikelola diyakini akan menghasilkan sampah kering. dan sampah basah setiap pekan untuk dijadikan kompos,”pungkas Solang sembari menuturkan tugas penanganan sampah tersebut akan dilanjutkan pejabat yang mengantikannya. Meski disatu sisi sebagai BLH masih ada kaitan dengan penanganan sampah.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*