Kamis, 22 Agustus 2019

Perbaikan Irigasi di Minsel Tahun Ini Rp 3,7 Miliar

amurang

Bupati yang begitu peduli warga Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pada bulan Januari 2015 lalu, yang mengakibatkan sejumlah irigasi dan tanggul jebol, rupanya membuat para petani merugi. Dengan adanya kerusakan sejumlah irigasi yang ada di beberapa Kecamatan di Minsel, petani berharap agar semuanya yang rusak bisa diperbaiki pada tahun 2015 ini khususnya yang menyentuh kebutuhan petani.

Allo Kodongan salah satu petani asal Minsel mengatakan, Dia telah mendengar kalau tahun 2015 ini untuk pembangunan Infreakstruktur di Minsel mencapai Rp 100 Miliar. Sehingga dia berharap dengan anggaran sebesar itu, kiranya tidak hanya berfokus pada pembangunan jalan, jembatan dan drainase. Sebab irigasi juga sangat dibutuhkan petani.

“Jika irigasi yang sudah rusak dan seakan dibiarkan saja begitu, ini bisa menjadi penghalang Bupati dalam mewujudkan swasembada beras, semua pasti sudah tahu kalau selang beberapa akhir tahun ini Minsel Surplus beras,” ungkap Kodongan.

Menanggapi hal tersebut Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minsel Ir Joutje Tuerah ST mengatakan kalau tahun 2015 ini, Pemkab Minsel telah mengalokasikan dana untuk perbaikan irigasi dan satu bendungan sebesar 3,7 Miliar.

“Anggaran itu, untuk pembangunan 12 irigasi yang tersebar di Lima Kecamatan, termasuk satu bendungan yang ada di Kecamatan Sinonsayang, jadi petani tidak perlu takut, dan ini juga merupakan lobi dari ibu bupati sehingga dianggarkan pada pada tahun ini,” tandasnya.(dav)

Grafis 12 Irigasi dan Bendungan yang akan di perbaiki tahun 2015 ini.

@ Sinonsayang.

1.Bendungan Pinsan Dua.

2.Irigasi Poteteh.

3.Irigasi Pinsan.

4.Irigasi Motondong.

5.Irigasi Makakilu.

 

@ Kecamatan Tenga.

1. Irigasi Tongop.

 

@ Kecamatan Tompasobaru.

1. Irigasi Kolibatulutong.

 

@ Kecamatan Ranoyapo.

1. Irigasi Wungayow.

2. Irigasi Moyongboong.

3. Irigasi Pangian.

4. Irigasi Mopolo.

 

@ Kecamatan Tumpaan.

1. Irigasi Ranotana.

2. Irigasi Tangkunei.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*