Kamis, 22 Agustus 2019

Pengusaha Tiongkok Paparkan Konsep KEK Bitung

manado

Presentasi Pengusaha asal Tiongkok China, ditranslet oleh Selly Sondakh.(ist)

SULUT, (manadoterkini.com) – Tujuh orang Pengusaha asal Tiongkok China yang dipayungi China Comunications Construction Company Ltd (CCCC) dipimpin Wei Wen selaku Ketua Tim melakukan pertemuan dengan jajaran terkait Pemerintah Provinsi Sulut, Pemkot Bitung, Kabupaten Minut dan Pemkot Manado di ruang Ex WOC Kantor Gubernur baru-baru ini.

Maksud pertemuan itu dalam rangka memaparkan hasil Fisibility Study atau perencanaan (draf konsep) pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung yang telah mereka lakukan pada bulan Januari 2015 lalu di lokasi KEK Bitung, kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Bitung, Minut dan Pemerintah Kota Manado.

Lin Yumen dari CRBC/CCCC yang dipecayakan untuk mempresentasikan konsep hasil Fisibility Study tersebut menyatakan, setelah selesai mengumpulkan data-data dari kunjungan lapangan Januari 2015 lalu.

“Pada sempatan ini kami siap untuk mempresentasikannya untuk meminta masukan sekaligus persetujuan dari pemerintah di Sulawesi utara,” jelas Lin yang di terjemahkan Ibu Selly Sondakh.

Sekembalinya dari Manado, akan kami lanjutkan pemaparan yang sama ke Dewan Nasional KEK di Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenkoperekonomian) di Jakarta dua sampai tiga hari kedepan. Karena pada 26 April 2015 mendatang mereka akan kembali untuk menyerahkan hasil fisibility study yang sudah mendapat persetujuan pemerintah Tiongkok kepada Pemprov Sulut.

Dalam pemaparan itu Lin menyebutkan, mereka akan membuat kelompok-kelompok fungsi kawasan dan cluster industry di KEK Bitung, sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sulut yang telah banyak membantu menyiapkan data-data yang mereka perlukan.

Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Sanny Parengkuan mengakui, pengusaha China sangat serius untuk berinvestasi di lokasi KEK Bitung, karena selama melakukan fisibility study dananya berasal dari mereka.

“Ini merupakan bukti bahwa pengusaha Tiongkok serius untuk menanamkan modalnya membangunan KEK Bitung,” ujar mantan Kadis Perindag Sulut sembari mengatakan, kunjungan ini sudah yang kedua kalinya.

“Sementara terkait dengan masalah lahan yang menjadi lokasi KEK, itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah,” tandas mantan Kadis Kopperasi dan UMKM Sulut.

Turut hadir Kadis Perindag Ir Jenny Karouw dan Karo Perekonomian Jane Mendur SE, Asisten Ekbang Kota Manado Drs Rum Usulu dan Kasubag Penerangan dan Publikasi AY Rambing S.Sos.(*/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*