Selasa, 18 September 2018

RKPD Manado 2016, Dasar Penyusunan KUA/PPAS APBD

manado

Sambutan Walikota GSVL dibawakan Asisten II Drs Rum Usulu

MANADO, (manadoterkini.com) – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Manado Tahun 2016, Pemkot Manado melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Jumat (6/3) pekan lalu melaksanakan Forum Konsultasi Publik di ruang serbaguna kantor Walikota, jalan Balaikota, Tikala.

Tujuan dilaksanakan forum ini kata Kepala Bappeda Manado Peter KB Ass ST MT Ph.D, agar supaya bisa menghasilkan suatu perumusan, untuk menjadi menjadi masukan atau bahan materi, guna penyusunan rencana kerja pemerintah daerah.

“RKPD tahun 2016 ini akan menjadi dasar pula penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS) untuk selanjutnya ditindaklanjuti menjadi rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Manado Tahun 2016,”terang Assa.

manado

Pemaparan Kepala Bappeda Bartje Assa ST MT Ph.D

Disadari bahwa tahun 2015 ini merupakan tahun terakhir kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangindaan, sehingga yang menjadi dasar dari pelaksanaan rapat konsultasi publik ini bukan lagi RPJMD 2010-2015.

“Oleh sebab itu yang akan dipergunakan sebagai dasar pelaksanaan rapat konsultasi publik pada saat ini adalah, RPJPD Manado 2005-2025. Kemudian kaitan dan dokumen lainnya yang harus dipertimbangkan adalah RPJPD Sulut Tahun 2003-2025 (Perda Nomor 3 Tahun 2011),” terang Assa.

Sementara itu Walikota Manado GS Vicky Lumentut, melalui Asisten II Drs Rum Usulu, menuturkan forum ini merupakan wahana bagi segenap stakeholder dalam rangka penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Manado tahun 2016. Penyelenggaraan forum konsultasi publik ini mengacu pada Permendagri No 54 tahun 2010, dimana pada Pasal 109.

“Hal ini dimaksudkan agar perencanaannya dibuat benar-benar dapat menjaring aspirasi seluruh pemangku kepentingan. Dalam forum ini sangat diharapkan Pemkot Manado mendapat masukan penting yang berguna bagi perbaikan pelaksanaan pembangunan Manado di tahun 2016 mendatang,” ujar Usulu mengutip sambutan Walikota.

Dikatakannya, meskipun saat ini draf rancangan awal RKPD 2016 telah disusun Bappeda, namun tidak tertutup kemungkinan adanya koreksi. “Oleh karena itu peran seluruh stakeholder sangat diharapkan guna terwujudnya rencana program dan kegiatan yang tepat perencanaan, tepat pelaksanaan, tepat sasaran, supaya setiap program dan kegiatan nantinya akan benar-benar konpherensif dan menjadi milik seluruh masyarakat Manado,” jelasnya.

Adapun forum ini menghadirkan nara sumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing, seperti Prof Dr Ir Fabian Manoppo MAgr (teknik), Dr Alfa Tumbuan SE MSc (ekonomi), dr Joy AM Rattu MS PhD (kesehatan), Dr Max Ruindungan MPd (pendidikan), dan Dr Anita Pangkerego-Muaya (peran wanita). Adapun peserta konsultasi public ini terdiri dari anggota Dekot Manado, TP PKK Manado, para Asisten di Setkot Manado, Kepala SKPD, para Staf Ahli, akademisi Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, FKUB Manado, BKSAUA Manado, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan pers.(*/ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*