Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
ManadoPolitik

Pilwako Manado, Inilah 16 Besar Hasil Survei Indoresearch P-Care

×

Pilwako Manado, Inilah 16 Besar Hasil Survei Indoresearch P-Care

Sebarkan artikel ini

Politisi dan Pengusaha Mendominasi Bursa Balon

manadoMANADO, (manadoterkini.com) – Lembaga Survei dan Observasi Indenpenden, Indoresearch Public Care (IPC), merilis hasil survei pra pilwako tahap pertama, program “Manado Mencari Pemimpin.”

“Data survei yang mengambil sampel masing-masing 3 (tiga) orang, dari 504 Lingkungan di 11 Kecamatan, se-Kota Manado, dengan total 1.512 responden, telah berhasil kami kumpulkan. Selama tiga bulan sejak Desember 2014 hingga saat ini, sebanyak 38 Putra-putri Terbaik terjaring survei dan dinilai layak untuk maju dalam pertarungan merebut Top Eksekutif di Kota Manado,” ujar Stanly F. Mewengkang, Koordinator Regional Indoresearch Public Care (IPC) Sulawesi Utara, didampingi Victory Ch. Manoppo, Koordinator Area Kota Manado, kepada manadoterkini.com, Selasa (10/3).

Lebih lanjut dipaparkan, “Ada figur yang didorong maju oleh kepentingan elit-elit politik tertentu, ada juga termotivasi bakal ditunjang para investor kelas atas. Bahkan, ada pula figur yang identik dengan haus jabatan atau kekuasaan. Namun, oleh sejumlah kalangan juga menilai, ada beberapa figur yang benar-benar dipandang layak tampil, karena kemampuan intelektualnya yang visioner, berkepribadian yang baik, berjiwa sosial yang plularis dan telah teruji komitmen kerakyatannya, yang tercemin dalam kehidupannya sehari-hari.

Harus diakui figur GS. Vicky Lumentut (GSVL) dan Harley A.B. Mangindaan (HABM), masih familiar dan lebih dikenal dibanding nama-nama yang lain. Karena itu, wajar dalam survei kali ini Lumentut dan Mangindaan menempati urutan pertama dan kedua teratas. Sedangkan di urutan ketiga ditempati Jackson A.W. Kumaat (JAWK), disusul keempat Hanny J. Pajouw (HJP). Kemudian kelima Jemmy Asiku (JA), keenam Ivan S.J. Sarundajang (IVANSA). Selanjutnya ketujuh Richard H. Sualang (RHS), posisi kedelapan Teddy Kumaat (TK), diikuti kesembilan Steven O. Kandouw (SOK). Kesepuluh Ayub A. Albugis (AAL), urutan kesebelas Djenri A. Keintjem (DJAK). Di posisi kedua belas Haefrey Sendoh (HS), ketiga belas Revani Parasan (RP), keempat belas Bobby Daud (BD). Kelima belas Arthur A. Kotambunan (AK) dan keenam belas Audy Ch. Lieke (ACL). Nama-nama figur yang termasuk dalam 16 besar hasil survei ini, memperoleh respon publik di atas 1% atau diusulkan lebih dari 15 orang, dengan total 1.512 responden,”urainya.

Meskipun demikian, persaingan ketat bakal terjadi, karena figur Birokrat dan Akademisi sangat minim terjaring, sementara figur lainnya berlatar belakang Politisi dan Pengusaha Mendominasi Bursa Bakal Calon (Balon).

“Semua figur mempunyai peluang yang sama dalam meraih presentasi perolehan dukungan warga Kota Manado. Dalam survei tahap selanjutnya, kami akan mempublikasikan elektabilitas dari masing-masing figur tersebut, sesuai hasil survei Indoresearch Public Care (IPC), “tutur Mewengkang yang juga Ketua LSM PIJAR (Pioneer Jaringan Aspirasi Rakyat).

Ditambahkan Direktur Riset dan Operasional IPC, DR. Afendy Andy Nugroho, menambahkan Pilwako Manado berpeluang diikuti lima pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota.

“Mengacu hasil perolehan kursi dan presentase suara Pemilu Legislatif 2014, kendaraan politik yang dapat menjadi tiket, sesuai prediksi kami, yaitu : Partai Demokrat, PDI Perjuangan plus koalisi, Partai Golkar plus koalisi, Partai Gerindra plus koalisi, dan satu paket Independen. Sedangkan dari 38 figur yang terjaring, sesuai survei pemetaan politik, kami pastikan hanya ada 16 nama yang bakal dilirik Partai Politik untuk diusung, baik menjadi Bakal Calon Walikota maupun Wakil Walikota Manado,” pungkasnya.(*/tim)

Inilah 16 Besar Hasil Survei Pra Pilwako, “Manado Mencari Pemimpin”, yaitu sebagai berikut :

  1. G.S. Vicky Lumentut (GSVL) / Politisi/Mantan Birokrat
  2. Harley A.B. Mangindaan (HABM) / Akademisi
  3. Jackson A.W. Kumaat (JAWK) / Pengusaha
  4. Hanny J. Pajouw (HJP) / Politisi
  5. Jemmy Asiku (JA) / Pengusaha
  6. Ivan S.J. Sarundajang (IVANSA) / Pengusaha
  7. Richard H. Sualang (RHS) / Politisi
  8. Teddy Kumaat (TK) / Politisi
  9. Steven O. Kandouw (SOK) / Politisi
  10. Ayub A. Albugis (AAL) / Politisi
  11. Djenri A. Keintjem (Djak) / Politisi
  12. Haefrey Sendoh (HS) / Birokrat
  13. Revani Parasan (RP) / Politisi
  14. Bobby Daud (BD) / Politisi
  15. Arthur A. Kotambunan (AK) / Pengusaha
  16. Audy C. Lieke (ACL) / Pengusaha