Jum'at, 23 Agustus 2019

Akibat Tidak Ikut Serta Dalam OSN, 12 Kepsek di Minsel Bakal Dikenakan Sangsi

AMURANG, (manadoterkini.com)-Sedikitnya ada 12 kepala sekolah (Kepsek) yang yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bakal dikenakan sangsi oleh Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dikpora) Minsel.

Hal ini diakibatkan 12 Kepsek tersebut tidak mengikut sertakan dalam lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Minsel, yang digelar di SMP N I Amurang pada Sabtu (7/3) pekan kemarin.

Penegasan tersebut, disampaikan langsung oleh Kepala Dikpora Minsel Ollyvia Lumi SSTP melalui Kasie Kurikulum Dikdas Dikpora Minsel Jenny Ngau Spd. Dia menjelaskan bahwa, dalam lomba OSN tersebut diikuti oleh 314 siswa utusan dari 69 sekolah SMP se-Minsel. Menurut Ngau Kurikulum, adalah satu kewajiban bagi setiap sekolah untuk mengikut sertakan siswanya dalam lomba OSN, guna mengukur sejauh mana kualitas dan kemampuan siswa serta keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di masing-masing sekolah.

“Kegiatan OSN ini adalah ajang evaluasi yang sangat bergengsi bagi siswa dan sekolah, untuk mengetahui kualitas dan kemampuan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari. Jadi tidak ada alasan apapun bagi kepala sekolah (Kepsek) untuk tidak mengikut sertakan siswanya, apalagi dalam pendanaannya, kegiatan OSN sudah tertata dengan jelas dalam Juknis dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Oleh sebab itu, sebagaimana yang sudah di instruksikan oleh Kepala Dinas Dikpora Minsel Ollyvia Lumi S.STP Msi, bagi sekolah yang mengabaikan untuk mengikuti OSN, dipastikan Kepseknya akan mendapatkan sangsi sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukannya,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan lomba ONS tiingkat SMP se-kabupaten Minsel, selain bertujuan untuk menguji kemampuan siswa, juga sebagai ajang penjaringan siswa berprestasi untuk mewakili Kabupaten Minsel dalam lomba yang sama tingkat Provinsi dan Nasional.

“Secara keseluruhan kegiatan ini bisa dibilang terlaksana dengan sukses, karena pesertanya mencapai 314 siswa, atau melebihi jumlah peserta OSN Tahun 2014 lalu. Dan kepada semua sekolah yang sudah berpartisipasi untuk mengikuti lomba OSN diucapkan terima kasih,” pungkasnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*