Kamis, 22 Agustus 2019

Ngantung Minta Dikpora Mitra Seriusi Masalah Ehabon dan Miras

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Masalah Ehabon dan Miras menjadi masalah belakangan mencoreng dunia pendidikan di Kabupaten Mitra. Untuk itu perlu keseriusan Pemkab Mitra dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora).

Seperti diungkapkan Ketua LSM Gerakan Masyarakat Membangun (GEMMA) Mitra, Vidy Ngantung. Menurutnya citra dunia pendidikan di Mitra tercoreng dengan adanya aksi menghirup ehabond, pesta miras serta perkelahian, yang melibatkan siswa sekolah harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, terlebih khusus lagi bagi Dikpora. “Karena Dikpora menjadi instansi yang paling bertanggungjawab untuk pendidikan siswa, untuk lebih giat lagi membimbing para siswa yang ada di Mitra, melalui guru disekolah, karena ditangan mereka nasib daerah ini diwariskan,” tegasnya.

Lanjutnya, peranan dari orangtua siswa, juga sangat penting, karena pendidikan itu juga bukan hanya di sekolah, namun harus ada di rumah. “Sebab, waktu anak-anak ini lebih banyak bersama orangtua dibanding dengan guru-guru,” ujarnya.

Senada dikatakan Ketua KNPI Mitra Jones Pondaag SPd, menurutnya ini menjadi tanggungjawab bersama seluruh stakeholder di Mitra. “Terutama, peran Pemerintah dalam hal ini Dikpora dan masyarakat dalam hal ini juga adalah orang tua murid. Karena pada intinya, baik guru maupun orangtua harus sama-sama mendidik para anak-anak, ini agar tidak terjerumus di jalan yang salah. Ditambah lagi dengan pendekatan pendidkan religius yang harus seimbang dengan pendidikan umum,” tandasnya.

Dilain pihak, Kabid Dikmenti Tenny Ohy SPd MPd, yang dikonfirmasi secara terpisah terkait try out tingkat SMA/SMK, mengungkapkan, pelaksanaannya akan digelar bersamaan dengan try out SMP, namun untuk SMA/SMK try out provinsi. “Berbeda dengan SMP, untuk SMA/SMK pelaksanaan try out tingkat provinsi, dan itu sudah digabung dengan kabupaten. Dan jumlah siswa SMA/SMK yang akan mengikuti try out sebanyak 1162 siswa,” ungkapnya.(cw-14)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*