Jum'at, 23 Agustus 2019

Tokoh Agama dan Walikota Manado Bahas Keamanan Pembangunan Taman Wisata Religi

manado

Pertemuan BKSAUA, FKUB dengan Walikota GSVL

MANADO, (manadoterkini.com) – Tokoh Agama yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSUA) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Manado, Selasa (10/3) menemui Walikota GS Vicky Lumentut, di Rumah Dinas Kelurahan Bumi Beringin.

Pertemuan BKSAUA dan FKUB dengan Walikota GSVL, guna membahas keamanan dan pembangunan taman wisata religi dilokasi eks kampung texas. Sebagaimana disampaikan tokoh umat muslim sofyan Papasau yang juga selaku Sekretaris FKUB Kota Manado.

“Pak Walikota GS Vicky Lumentut meminta kepada kami sebagai Tokoh-Tokoh Agama, agar bisa membantu mengatasi permasalahan keamanan di Kota Manado.Juga ada langkah-langkah yang telah menjadi kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota (Pemkot,red) Manado, BKSUA dan FKUB, untuk membangun taman religi di Eks Kampung Texas Manado,”jelas Lapasau.

Lanjutnya, pembangunan Mesjid yang terletak di lokasi Taman Religi, hanya permasalahan kurang komunikasi saja. Karena ada hal-hal yang tidak sempat dijelaskan hingga ke tingkat lapisan masyarakat paling bawah, untuk itu kami sebagai Tokoh-Tokoh Agama terlebih khusus Tokoh Agama Muslim, akan turun bersama-sama untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait hal tersebut. “Pemkot berniat baik untuk menjadikan Kota Manado lebih baik kedepan, kalau tidak tersosialisasikan dengan baik pasti akan menimbulkan hal-hal yang terkesan negatif,”katanya.

manadoUntuk itu tokoh-tokoh agama terutama tokoh agama muslim, akan membangun silahturahmi dengan masyarakat untuk mensosialisasikan dan mejelaskan kepada mereka, terkait apa yang akan di bangun nanti di lokasi eks kampung texas tersebut.

“Sebagai Sekretaris FKUB juga adalah seorang tokoh agama Muslim bersama dengan BKSUA sangat mendukung langkah yang terbaik diambil oleh Pemkot Manado, apalagi dalam membangun taman religi di eks kampung texas karena itu lambang kerukunan antar umat beragama di Kota Manado,”tandas Lapasau.

Sementara Ketua Harian FKUB Manado, Pdt Renata Ticonuwu.STH, mengatakan bahwa Taman religi yang akan dibangun itu sangat positif, karena merupakan symbol dari kerukunanan antar Umat beragama.

“Pembangunan Taman Religi tersebut sangat baik, itu rencan tersebut sejak Walikota Jimmy Rimba Rogi (Imba,red). Taman religi itu juga bukan hanya untuk satu golongan saja melainkan semua golongan Agama yang ada di Kota Manado. Untuk itu diharapkan semua lapisan masyarakat dan semua golongan agama bisa mendukung pembangunan Taman Religi tersebut,” ujar Ticonuwu.

Senada diungkapkan oleh Tokoh Agama Hindu di Manado yang juga sebagai Ketua Parisada Hindu Dharma Kota Manado, Drs Ida Bagus Ketut Alit. Menurutnya, sebagai Tokoh Agama Hindu di Kota turut mendukung program pemerintah untuk membangun taman religi di eks kampung texas untuk tempat ibadah semua golongan di lokasi tersebut.

“Langkah Pak Walikota untuk membangun taman religi ini sangat positif, karena betapa indahnya kerukunan antar umat beragama dan taman religi itu bisa menjadi icon bagi Kota Manado,”jelasnya.

Ditambahkan Ketua Perwakilan Budha Indonesia di Manado, Soepandi Siwi, tidak salahnya untuk membangun taman religi tersebut, karena yang dibangun adalah tempat beribadah bagi semua golongan agama.

“Kami sangat mendukung kalau taman religi yang berlokasi di eks kampung Texas akan dibangun, karena itu lambang dari kerukunan antar umat beragama di manado,”ujar Siwi.

Nampak juga Ketua FKUB Manado, yang adalah Ketua Sinode GMIM Pdt Dr HWB Sumakul MTh, Ketua BKSAUA Manado, Pdt Roy Lengkong STh.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*