Kamis, 24 Mei 2018

Sekda Minahasa Ikuti Rakor di Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan KPPN Provinsi Sulut

TONDANO, (manadoterkini.com) – Rapat Koordinasi Akuntansi Berbasis Akrual, Statistik Keuangan serta Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Transfer ke Daerah dan Dana Desa, yang dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara, jalan Bethesda Manado, juga diikuti Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Korengkeng SH,Msi mewakili Bupati Minahasa.

Pelaksanaan rakor yang diikuti perutusan Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Utara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan KPPN Provinsi Sulut Irwan Ritonga. Salah seorang staf BPKBMD Minahasa Claudia Mamahit ST mengatakan Rakor tersebut mambahas tentang hal-hal yang menyangkut kebijakan Dana Desa yang ditransfer oleh Pemerintah Pusat, yang untuk tahap awal sebesar 40% pada tanggal 10 April 2015 nanti. “Menyangkut teknis pengelolaan dan pengawasannya diserahkan ke Kabupaten dan Kota masing-masing yang diatur dengan Peraturan Daerah,”katanya.

Ditambahkan Claudia, hal yang paling penting dalam Alokasi Dana Desa adalah harus dilaksanakannya Musrembang tingkat Desa.

“Dalam Rakor ini pula masing-masing Kabupaten dan Kota melakukan sharing menyangkut permasalahan, kendala atau hal-hal yang terkaita akan pelaksaan kebijakan Dana Desa, Aplikasi Akuntansi Berbasis Akrual terutama penanganan Aset di daerah masing-masing,” kata Mamahit

Hadir mendampingi Sekda Jeffry Korengkeng diantaranya Sekretaris BPKBMD Minahasa Andre Winowatan SSTP MSi, Kabid Akuntansi dan Verifikasi Frangky Mea SE dan beberapa stafnya, juga mengikuti penyampaian materi tentang Kebijakan Dana Desa oleh pakar Ekonomi Dr Noldy Tuerah SE MA, dan materi tentang Auntansi Berbasis Akrual dan Laporan GPS, Pelaksanaan Tugas Bidang Perimbangan Keuangan pada Instansi Vertikal Ditjen Perbendaharaan dan Kajian Fiskal Regional (KFR) oleh Tim dari KPPN Kanwil Provinsi Sulut.(*/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*