Jum'at, 21 September 2018

Digelar 2016, Pilhut 50 Desa di Minsel Dianggarkan Rp 1,2 Miliar

amurang

Benny Lumingkewas

AMURANG, (manadoterkini.com) – Tahun 2015 ini, sedikitnya ada 50 Hukum tua (Kumtua) yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) masa jabatannya akan berakhir. Dipastikan pemilihan 50 Kumtua tersebut akan dilaksanakan serentak tahun 2016 dengan rencana anggaran sekira Rp 1,2 Miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Minsel, Drs Benny Lumingkewas kepada para manadoterkini.com menjelaskan, perkiraan besaran anggaran tersebut untuk membiayai proses tahapan pilhut sampai pelantikan yang ditaksir bisa mengeluarkan biaya yang besar.

“Banyak desa yang sesuai jadwal sudah harus melaksanakan Pilhut di 2015, namun ditunda karena tahun ini ada agenda nasional yakni Pilkada, maka dilaksanakan serentak di 2016. Sesuai kajian kami, anggaran Pilhut di Minsel akan kami anggarkan sebesar Rp 1,2 miliar. Ini baru taksiran mungkin saja ke depannya bisa berubah nominalnya,” ujarnya.

Lanjut Dia menjelaskan, untuk sementara ini bagi desa-desa yang sudah habis masa kepemimpinan Kumtua diberikan penunjukan pejabat pelaksana tugas (Plt) menunggu sampai Pilhut serentak digelar. Sesuai perhitungan untuk setiap desa yang akan menggelar Pilhut dianggarkan Rp 25 juta per Desa.

“Mungkin juga nanti anggaran bakal dikurangi atau akan ditambah. Yang pasti Pilhut serentak akan digelar di 2016,” ungkap mantan Sekretaris KPUD Minsel ini.

Sementara itu ditempat terpisah, Tonny Lumenta SH tokoh muda Minsel mengatakan, pelaksanaan Pilhut harus dikaji dan harus direncanakan secara matang agar tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Mengingat Pilhut di Minsel nantinya akan digelar secara serentak di 50 desa di 17 Kecamatan yang ada.

‘Untuk penggunaan anggaran pasti harus dirinci dengan baik agar disesuaikan dengan kondisi anggaran daerah yang ada. Instansi terkait harus memaksimalkan persiapan yang ada agar Pilhut bisa berjalan sesuai rencana dan aturan,” harapnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*