Kamis, 22 Agustus 2019

8 Miliar Dana BOS di Minsel Mulai Direalisasikan

AMURANG, (manadoterkini.com) – Saat ini Dana Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan satu yang berbandrol Rp 8 Miliar mulai di realisasikan. Berdasarkan pantauan manadoterkini.com, terlihat sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) baik SD maupun SMP mulai memadati Bank Sulut guna untuk mengambil dana BOS.

Salah satu Kepsek membenarkan jika dana BOS triwulan satu sudah mulai direalisasikan.” Ya, untuk dana BOS triwulan satu sudah cair,” katanya sembari meminta namanya jangan dipublikasikan.

Sementara itu, dicairkannya dana BOS tersebut, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, mewarning kepada Kepsek penerima dana BOS agar tidak menyalahgunakan termasuk memotong dana tersebut.

“Jika ada Kepsek yang kedapatan melakukan pemotongan terhadap dana tersebut, akan saya ganti, itu sangsi yang akan saya berikan,” ujarnya.

Terpisah Kabid Dikdas Dikpora Minsel Fitber Raco MSi mengungkapkan, pihaknya akan memantau langsung pertanggungjawaban pengunaan dana BOS. Apalagi tahun 2015 ini totalnya tidak sedikit karena angkanya mencapai Rp 32 Miliar.

“Tahun ini kita akan meminta Rencana Anggaran Belanja Sekolah (RABS) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS),” ujarnya.

Lanjut dia, RABS dan RKAS itu akan ditandatangani langsung oleh komite sekolah dan dibuktikan dengan cap komite.

“Dalam pengawasan ini, kita dari Dikpora akan melakukan monitoring pengunaan dana BOS triwulan pertama,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*