Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Kunjungi TPA, Walikota Manado Tegaskan Lakukan Control Lenvil

×

Kunjungi TPA, Walikota Manado Tegaskan Lakukan Control Lenvil

Sebarkan artikel ini

GSVL : Jangan Semua Sampah Dibuang ke TPA, Dinas Kebersihan Ajak Masyarakat Lakukan Pemilahan Sampah

manado
Walikota memantau alat yang sedang berkerja di TPA Sumompo

MANADO, (manadoterkini.com) – Sistem yang dilakukan Pemerintah Kota di TPA Sumompo saat ini adalah control lenvil bukan open damping, sehingga tidak bau atau berlalat. Namun kalau model pembuangan sampah seperti saat ini suatu ketika tidak semakin kesulitan membuang sampah sampah. Demikian kutipan kalimat yang diungkapkan Walikota GS Vicky Lumentut kepada wartawan di lokasi TPA Sumompo, Selasa (17/3) kemarin.

“Sistem yang kita gunakan saat ini adalah control lenvil bukan open damping. Kalau open damping hanya dibuang begitu saja, namun control lenvil ditimbun dengan tanah sehingga tidak bau dan tidak kelihatan lalat. Karena kalau open damping merusak lingkungan,”ujar GSVL sapaan akrab Walikota Manado.

manado
Walikota GSVL mengambil melon yang bertumbuh di kawasan TPA Sumompo

Meski sistem control lenvil ini semakin baik namun kendala kedepan itu lokasi semakin sempit. Untuk itu, GSVL menginstruksikan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan, mengajak masyarakat lakukan pemilahan sampah, guna meminimalisir volume sampah yang terus mengunung di lokasi TPA Sumompo.

“Kalau model pembuangan sampah masih seperti sekarang, semuanya dibawah ke TPA satu saat Manado tidak ada lagi tempat pembuangan sampah,”kata Lumentut didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Julises Oehlers SH dan Kepala Bappeda Peter KB Assa ST MSc PhD.

Dari hasil kunjungan tersebut, Walikota menuturkan akan ada lahan yang akan dibeli lagi untuk menjadi tempat pembuangan menjadi bukit yang baru nanti. “Memang kedepan kita lagi berusaha melakukan perluasan, karena lokasi yang ada sekarang masih boleh naik satu dua meter lagi naik,”ungkap Dari hasil kunjungan tersebut,”ungkap GSVL kepada sejumlah wartawan.(ald)