Kamis, 22 Agustus 2019

Rp 21,2 Miliar Dana ADD di Boltim Siap Disalurkan

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam waktu dekat ini bakal mandi uang. Pasalnya, Alokasi Dana Desa (ADD) yang diperuntuhkan untuk Desa yang ada di Boltim sebesar Rp 21,2 Miliar akan segera disalurkan.

Berdasarkan informasi, dari 81 Desa yang ada di Boltim hanya 78 Desa yang akan menerima dana ADD di atas Rp 100 juta. Sementara tiga Desa lainnya yakni Desa Badaro, Desa Buyandi dan Desa Lanud hanya menerima dibawah Rp 100 juta.

“Rata-rata diatas seratus juta, kecuali yang tiga desa, hal ini kita lakukan karena ada masalah laporan pertanggung jawaban dan pengelolaan sehingga ketiga desa tersebut kita berikan sangsi,” ujar Kepala BPMPD Boltim Rusdi Gumalangit.

Akan dicairkanya dana ADD tersebut, Gumalangit meminta pemerintah desa untuk menyiapkan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Desa tahun 2015 untuk mengajuhkan permohonan. “RKA harus dibahas dan ditandatangani bersama BPD dan Sangadi. Untuk disampaikan je masyarakat apa saja program yang akan dibiayai oleh ADD,” ungkapnya.

Lanjut Dia, disamping itu Pemdes harus mengangarkan IT untuk mempermudah akses data dan informasi antara pemerintah Desa, Kecamatan dan Pemkab. “Sesuai intruksi Bupati, agar sistem pemerintahan desa tahun 2015 ini sudah mengunakan IT. Jadi kita minta harus menyediakan anggaran untuk sarana IT sekitar Rp 40 juta,” punkasnya.(cw-6)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*