Minggu, 20 Mei 2018

Penebangan Pohon Utamakan Keamanan dan Kenyamanan Warga

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Penebangan pohon utamakan keamanan dan kenyamanan warga memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh komponen masyarakat merupakan tugas dan kewajiban pemerintah. Seiring dengan upaya terus memberikan kenyamanan dan jaminan rasa aman bagi masyarakat dan pengendara kendaraan yang melintasi jalur utama Kota Tomohon dan sekitarnya.

Salah satu tindakan yang diambil Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon adalah melakukan pemangkasan terhadap pepohonan dipinggir jalan utama, mengingat keberadaannya mengancam keselamatan masyarakat dan pengendara kendaraan yang melintas. Selain itu, pemangkasan pohon tersebut juga kepentingan pelebaran jalan guna kelancaran dan keamanan arus lalu lintas.

“Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian yang di timbulkan akibat yang ditimbulkan oleh patahan dan tumbangnya pohon yang di tanam di pinggiran jalan raya. Serta mengurangi dampak kerusakan jalan dan trotoar yang diakibatkan oleh akar pohon yang merambat dan membongkar badan jalan sehingga membahayakan para pejalan kaki dan pengendara kendaraan yang melintas di daerah tersebut. Begitu juga dengan mengurangi alokasi anggaran yang terserap bagi perbaikan infrastruktur yang rusak akibat pohon yang ada di ruas jalan tersebut,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemkot Tomohon, Fransiskus F Lantang SSTP.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak mengharapkan agar seluruh komponen masyarakat pemilik rumah yang ada di pinggiran jalan protokol, agar kiranya dapat menanam pohon di depan pekarangan sebagai pohon peneduh.

“Harus diinformasikan kepada seluruh warga Kota Tomohon yang akan melakukan penebangan pohon di pinggiran jalan agar memperhatikan fungsi dan faktor keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekitar, jangan melakukan penebangan secara menyeluruh, tetapi melihat faktor-faktor lainnya,” harap Eman.

Kasubag Humas Djufry Rorong, S.Sos menambahkan bahwa pada waktu yang lalu memang telah dilakukan penebangan pohon di sebagian wilayah Tomohon Selatan hal ini dilakukan karena adanya perluasan jalan utama.

Begitu juga penebangan pada sisi jalan utama yang telah mengganggu kelancaran arus lalulintas.

“Kedepan pemerintah Kota akan terus menanam jenis pohon yang peruntukkannya sebagai peneduh dan penyejuk yang akarnya tidak merusak jalan dan trotoar atau menempatkannya jauh dari jalan dan trotoar.

Penebangan itu dilakukan demi keamanan para pengguna jalan dan mencegah jatuhnya korban harta dan korban jiwa karena tertimpa pohon tumbang,” tutup Kasubag Energik yang juga mantan lurah Kakaskasen ini.(*/efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*