Selasa, 23 Januari 2018

ESDM Boltim Minta Pertamina Kontrol Agen ‘Nakal’

TUTUYAN, (manasoterkini.com) – Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ir Jamaludin meminta Pertamina Manado agar dapat menjalankan fungsi kontrol kepada agen – agennya yang melakukan penyaluran LPG disejumlah Kabupaten/Kota yang dinilainya telah menyalahgunakan aturan.

“Pertamina manado sebagai pelayan ke agen-agen supaya menegur agennya, karena pertamina yang mengeluarkan ijin sudah harus mereka yang tindak. Tapi jangan membiarkan agen liar masuk kewilayah Boltim apa lagi mereka tidak mengantongi ijin pelayanan di boltim, pertamina jangan hanya melayani agennya, tetapi ada fungsih kontrol,” pinta Jamaludin.

Dirinya membeberkan, ada beberapa agen penyalur LPG 3 kg yang tidak mengantongi ijin di wilayah Boltim, dan pertamina terkesan tutup mata tentang hal ini. Disamping itu, dirinya menambahkan, bahwa sudah ada agen yang kedapatan oleh Polisi Sektor (Polsek) Rural Modayag saat mengamankan mobil penyalur tabung LPG 3 kg, setelah di interogasi, ternyata Agen tersebut tidak mempunyai ijin pelayanan di wilayah Boltim.

“Adanya Pendistribusian tabung dari luar daerah ini, tentu kuota boltim sebanyak 17 ribu tabung terganggu. Agen yang memiliki ijin kesulitan untuk mendistibusikan secara full. Kemudian parahnya lagi, tabung dari luar ini mereka jual dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET), kalau sudah begini pertamina sudah melanggar HET sebagai mana di atur melalui SK Gububernur,” ujarnya.(cw-6)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*