Jum'at, 23 Agustus 2019

Minsel Masih Koleksi 27,931 Ha Lahan Kritis

AMURANG, (manadoterkini.com)-Ternyata di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) hingga saat ini masih banyak mengoleksi lahan hutan kritis.

“Lahan hutan kritis di wilayah Minsel saat ini mencapai 27,931 ribu hektare (Ha). Sebagian besar lahan tersebut berada kawasan hutan Tambelang Kecamatan Tompaso Baru, dan hutan Mokobang di Kecamatan Maesaan,” kata Kadis Kehutanan Minsel, Ir Frans Tilaar kepada wartawan Kamis (19/3) siang tadi.

Menurut Tilaar, dari tahun 2003 lalu, luas lahan hutan kritis mencapai sekira 40,014 Ha. Angka tersebut terus berkurang hingga di 2015.

“Kondisi hutan sejak Kabupaten Minsel memang banyak mengoleksi lahan hutan kritis. Dari luas hutan sekira 51,713,07 Ha, lebih dari setengahnya dalam kondisi kritis, baik itu lahan di dalam kawasan hutan,maupun lahan di luar kawasan hutan,” jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan ini mengatakan, sejak tahun 2010 lalu, pihaknya telah memantapkan reboisasi hutan. Terhitung dari 2012 sampai 2015, sudah ada sekitar 8,920 Ha lahan hutan kritis telah direboisasi.

“Dan untuk hutan Tambelang dan hutan tentunya menjadi perhatian kami untuk terus meminimalisasi dengan cara ditanami pohon. Kami rencanannya akan menanam pohon jenis Nantu dan Cempaka. Itu sesuai instruksi Bupati agar seluruh hutan di Minsel bisa dihijaukan kembali,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*