Senin, 22 Januari 2018

Penderita HIV/AIDS di Minsel Naik 10 Kasus

AMURANG, (manadoterkini.com)-Berdasarkan data perbandingan tahun 2013 dan tahun 2014, data penderita penyakit mematikan HIV/AIDS naik 10 kasus. Data yang diperoleh wartawan dari Dinkes Provinsi Sulut, tercatat pada 2014 jumlah penderita mencapai 95 orang. Ini naik 10 kasus bila dibanding pada 2013 yang mencapai 85 orang.

Menurut generasi muda Minsel Hezky Liando, seharusnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) harus bisa mencari solusi dalam menekan HIV/AIDS tersebut.

“Salah satu cara menekan laju penderita adalah dengan rutin melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah akan bahaya HIV/AIDS dan bekerjasama dengan organisasi yang berkecimpung dimasalah ini,” ujar Liando.

Sementara Ketua Komisi III Dekab Minsel Steven Lumowa mengungkapkan, lonjakan angka HIV/AIDS di Minsel, perlu mendapat perhatian semua elemen yang ada di Minsel. Mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa.

“Peran keluarga dalam hal ini orang tua juga sangat dibutuhkan, dalam mengarahkan anak-anak mereka untuk tidak terjebak dalam pergaulan bebas. Terlebih narkoba dan sex bebas yang merupakan salah satu indikator penyebaran HIV/AIDS di Sulut termasuk Minsel,” tandasnya.(dav)

Grafis Penderita HIV/AIDS :

1.       Tahun 2013

-         HIV = 21 Orang

-         AIDS = 64 Orang

-         Total = 85 Orang

2.       Tahun 2014

-         HIV = 23 Orang

-         AIDS = 72 Orang

-         Total = 95 Orang

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*