Kamis, 22 Agustus 2019

Air Tidak Pernah Mengalir, Warga Pertanyakan Proyek Air Bersih di Silian Raya

TOULUAAN, (manadoterkini.com)-Sejumlah elemen masyarakat yang ada di Desa Silian Raya Kecamatan Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengeluh. Pasalnya, sudah setahun, pekerjaan proyek air bersih di wilayah Kecamatan Silian Raya selesai dikerjakan.

Hanya saja, hingga kini output dari proyek yang menggelontorkan anggaran miliaran rupiah tersebut, belum juga terlihat. Bahkan kondisi ini memunculkan pertanyaan di kalangan warga, apalagi pekerjaan proyek tersebut ikut merusak sejumlah titik jalan, karena dibobol pekerja proyek dengan alasan akan dilewati pipa. “Sudah merusak jalan, akan tetapi hingga saat ini airnya tidak pernah berjalan,” keluh Ridel Watania salah satu warga Silian Raya.

Dia juga mengatakan, instansi terkait wajib memberikan penjelasan ke masyarakat soal kenapa proyek tersebut tidak ada output-nya. “Yang digunakan untuk proyek tersebut kan uang rakyat. Jadi wajar kalau kami selaku rakyat mempertanyakannya,” tandas Watania.

Sementara itu dari pantauan manadoterkini.com, belum berjalannya air pipa tersebut, membuat jaringan di sejumlah titik mulai mengalami kerusakan, terutama jaringan pipa yang diarahkan ke rumah penduduk. Kuat dugaan, tidak mengalirnya air ke pipa jaringan, dikarenakan debit air dari sumber air di Perkebunan Pinatean, Silian Raya yang tidak cukup mengalir sampai ke pemukiman penduduk. “Yang jelas, dari amatan kami proyek tersebut asal jadi,” tukasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*