Kamis, 22 Agustus 2019

Eman Ajak Jajaran Pemkot Tomohon Gunakan Produksi Dalam Negeri

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Walikota Jimmy F Eman,SE.Ak menindaklanjuti himbauan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara nomor B/541/M.PANRB/2/2015 tentang penggunaan Produk Dalam Negeri bagi Aparatur Sipil Negara.

Seiring dengan hal tersebut, Walikota mengajak seluruh jajaran Pemkot Tomohon mengunakan produk dalam negeri. Untuk itu pemerintah akan melaksanakan evaluasi terhadap kualitas-kualitas produk yang ada sehingga ke depannya bisa dilakukan langkah-langkah konkrit sebagai upaya perbaikan.

Selain itu, penggunaan produk dalam negeri secara langsung dapat membangkitkan perekonomian negara serta menghidupkan produsen-produsen lokal dan mensejahterakan para pekerjanya dan masyarakat secara umum.

Sebaliknya menggunakan produk luar negeri justru akan memajukan perekonomian negara lain. Selanjutnya ada beberapa cara untuk mencintai produk dalam negeri yaitu pertama Bangga menjadi orang Indonesia kedua Menghargai produk Indonesia dan ketiga Membeli produk Indonesia.

Tak dipungkuri pula memakai barang-barang luar bisa jadi hanya sebatas gengsi dan biar dikatakan keren, meski belum dapat dipastikan barang dipakai punya kualitas yang bagus dan terjamin mutunya. Bagaimana dengan barang produksi dalam negeri? Kabag Humas Tomohon F.F.Lantang,SSTP mengatakan, sebagai orang Indonesia tentunya kita harus mencintai produksi dalam negeri. “Siapa lagi yang akan mencintai produk dalam negeri kalau bukan kita bangsa Indonesia,”kata Lantang.

Pemerintah selalu menyerukan untuk selalu mencintai produk dalam negeri. Tapi sayangnya masih banyak juga yang menggunakan produk dari luar negeri terutama yang berkaitan dengan masalah fashion.

“Jangan berpikiran bahwa produk Indonesia itu tidak baik atau tidak bagus, itu tidak benar karena banyak produk-produk Indonesia yang ada diluar negeri yang dipercayai dunia. Diantaranya Batik, Jeans dan makanan khas daerah serta produk-produk lainnya yang telah merambah ke seluruh penjuru dunia,”ungkap Lantang.

Seperti yang disaksikan Kasubag Humas Djufry Rorong,S.Sos saat tinggal dan bekerja di Amerika begitu juga saat mendampingi Jefferson S M Rumajar ke Nepal & Thailand saat pertemuan Citynet Asia.

Selanjutnya kata Rorong, perlu ketahui manfaat mencintai produk dalam negeri yaitu Produksi dalam negeri meningkat, Menambah besar skala usaha dalam negeri, Menambah jumlah investasi di Indonesia, Meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan, Mengurangi angka kemiskinan dan kriminalitas, Menambah jumlah pendapatan nasional, Meningkatkan pertumbuhan ekonomi Negara dan Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bila konsumen Indonesia lebih senang membeli barang-barang impor, yang akan memetik manfaat terbesar adalah produsen barang di luar negeri. Uang kita akan mengalir ke luar tanpa ada manfaat ekonomi ke dalam,” kata Mendag saat bersama Walikota Jimmy F.Eman,SE.Ak pada beberapa waktu yang lalu.

Kesimpulannya adalah kita seharusnya mencintai produk dalam negeri. Ingat, jangan hanya mencintai, yang paling penting adalah membeli dan menggunakan produk kita. Lantas, tanyakan pada diri kita, apa yang sudah kita berikan untuk kota dan agama kita? Tentu yang terbaik. (efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*