Sabtu, 23 Juni 2018

Tahun Ini, Dana BOS di Minsel Naik 200 Ribu Per Siswa

AMURANG, (manadoterkini.com) – Ini merupakan kabar gembira bagi sekolah-sekolah penerima dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Pasalnya, tahun 2015 ini, anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dinaikan. Dan untuk siswa akan menerima tambahan sekitar Rp 200 Ribu. Kenaikan itu sendiri akan berlaku untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minsel, Ollyvia Lumi SSTP MSi, menjelaskan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendidikan, telah menaikan alokasi dana BOS dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Sementara untuk mengatisipasi penyalagunaan dana BOS, Dikpora menginstruksikan para Kepala Sekolah agar proaktif dan membuat serta memperkuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) online ke pemerintah pusat. “Laporan sekolah harus selalu diperbaharui, kalau tidak dana tersebut bisa saja hangus. Begitu juga Kepsek harus memasukan LPJ dan Pakta Integrasi. Dan sekolah yang tidak memasukan kelengkapan dan pertanggungjawaban otomatis tidak akan menerima dana BOS,” ujar mantan Kaban BPMPD Minsel ini.

Sementara iti ditempat terpisah, Wakil Ketua DPD Garda Tipikor Sulut Sonny Nayoan SH meminta agar pengelolaan BOS pada 2015 harus sesuai aturan, pemanfaatannya harus tepat sasaran dan sesuai peruntukan.”Sebagai masyarakat kami tentunya akan melakukan pengawasan,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*