Jum'at, 21 September 2018

Spa Menjamur di Manado tak Punya Ijin

MANADO, (manadoterkini.com) – Inspeksi mendadak (sidak) yang dipimpin Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Hendrik Warokka SPd DEA, Senin (23/3) ditemukan sejumlah tempat pijat dan spa yang beroprasi tidak melengkapi dokumen seperi ijin usaha.

Untuk itu, sebagai instansi teknis terkait pihaknya langsung memberikan peringatan kepada pemilik spa tersebut. Dari sidak tersebut, di kawasan Banjer ditemukan sejumlah tempat pijat ruangannya mengunakan pintu. Bukan hanya itu pintunya pun tertutup serta sangat gelap. Hal ini tentunya mengundang pertanyaan dari pihak Disparbud.

“Ini kenapa pakai pintu dan ruangannya pun gelap, serta so ada kamar mandi di dalam, ini sama sekali tidak sesuai dengan aturan teknisnya di dalam pengoperasian spa,” ujar salah satu Kabid di Disparbud.

Menyikapi hal itu, Kadisparbud langsung mengeluarkan peringatan kepada pemilik spa untuk mengikuti ketentuan dan aturan teknis tentang pengoperasian spa, jika pemilik spa tidak mengindahkan aturan maka spa atau tempat pijat ini akan ditutup. Sedangkan spa yang tidak memiliki dokumen lengkap langsung ditutup dan diberikan kesempatan untuk mengurus seluruh dokumen dan persyaratan yang harus dilengkapi.

“Saya minta kepada pemilik spa untuk mengurus dokumen dan persyaratan, jika sudah lengkap maka bisa beroperasi. Untuk mendapatkan ijin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) tidak dipungut biaya. Namun harus melengkapi dokumen antara lain fiskal, TDP serta dokumen lainnya,” pungkas Warokka. (ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*