Rabu, 23 Mei 2018

Tidak Miliki IMTA, Karyawan Asing PT MDT Diusir Pengawas Disnakertrans Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Akibat tidak memiliki Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) salah satu pekerja asing asal korea yang bekerja di PT Mega Daya Tangguh (MDT) dikabarkan langsung diusir oleh tim Pengawas dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kepala Disnakertrans Minsel Drs Jefry Prang, yang dikonfirmasi manadoterkini.com Selasa (24/3) siang tadi, membernarkannya.

Menurut Dia, tenaga kerja asing tersebut ditemukan, saat tim pengawas dari Disnakertrans Minsel melakukan inspeksi mendadak di Perusahaan PT MDT yang berlokasi di Desa Tawaang Kecamatan Tenga pada pekan kemarin. “Saat kami melakukan sidak di Perusahaan tersebut, kami melihat ada tenaga kerja asing, saat kami meminta semua persyaratannya, ternyata dia tidak miliki IMTA, jadi tenaga kerja tersebut langsung kami usir keluar dan membawanya, hanya saja sebelumnya kami lebih dulu berkoordinasi dengan pihak imigrasi,” ujar Prang.

Lanjut Dia menjelaskan, di Minsel sendiri hanya ada 30 tenaga kerja asing yang melapor, dan itupun terdiri dari RRC 22 orang, Filipina 1 orang, Korsel 1 orang.”Saat ini perusahaan di Minsel sebanyak 346 yang terdaftar, keseluruhan karyawan yang dipekerjakan ada 90.355 karyawan. Termasuk 30 karyawan asing.” jelasnya.

Lanjut dia memintakan agar semua perusahan yang ada di Minsel agar mentaati aturan yang ada, seperti yang tertuang pada UU tenaga kerjaan.”Sebab jika ditemukan ada yang tidak mentaati akan dikenakan sangsi. Meskipun Minsel sedang membuka seluas-luasnya investor untuk beriventasi, akan tetapi itu harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, jika kami temukan ada yang melanggar akan kami tindaki,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*