Senin, 19 Agustus 2019

Gelar Hearing, Dekot Tomohon Ingatkan Dukcapil Data Akurat

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Komisi I Bidang Pemerintahan dan Pembangunan DPRD Kota Tomohon kembali mengingatkan agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukpil) Kota Tomohon segera menyediakan data kependudukan yang akurat.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Kota Tomohon Piet Pungus kepada awak media Selasa (25/3) menggingat makin dekatnya proses Pemilukada di daerah itu. Makanya sangat Perlu keakuratan dan pemutahkhiran data Penduduk dan data Pemilih.

Hai ini sangat penting dan menjadi prioritas karena akan dipergunakan KPU pada Pemilu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tomohon Desember mendatang. “Mengingat ini sangat penting, secara kelembagaan kita harus segera membahasnya bersama Disdukpil,” ungkap Pungus saat Hearing bersama Disdukcapil, Selasa (24/3) di Ruang komisi 1 gedung dewan.

Ditambahkannya, data kependudukan yang akurat sangat diperlukan. Sebab, banyak yang dapat dituntaskan, seperti memudahkan pengawasan, data pertambahan warga dan jumlah pemilih. “Apalagi menghadapi Pilkada Kota Tomohon yang sudah di ambang pintu,” ujarnya.

Selain itu Dikatakan Pungus ,dari hasil hearing bersama Dinas Dukcapil, data kependudukan sudah menjadi kewajiban. Dari penjelasan pihak Dinas Dukcapil, jauh hari sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan data untuk menghadapi Pilkada Kota Tomohon mendatang.”Dalam Hearing Disdukcapil juga menyatakan optimis keakuratan data akan terjawab,”katanya.

Sementara itu, dari data Disdukcapil, terkait data pemilih dan jumlah penduduk sudah diterima pihak DPRD melalui Komisi 1. “Dari rekam data penduduk pada pelaksanaan program E-KTP tersebut dan pemutakhiran data untuk pemilu Pilkada bisa dikatakan telah akurat,” tutup Pungus(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*